Album Iwan Fals 2013 - RAYA

Album Baru Iwan Fals 2013 - RAYAKangen gaya musik Iwan Fals di tahun 80-90-an...?

Haus teriakan lantang Iwan seperti masa lalu...?

Rindu lirik kritis Fals yang mencekik dan menggelitik seperti jaman kemarin...?

Ingin terpuaskan dengan belasan lagu-lagu fresh dan musik modern dari Iwan Fals...?

Album RAYA ini seperti  menghadirkan dan menjawab semua itu. Iwanfalsmania.com seharian menghabiskan waktu mendengarkan berulang-ulang isi album ini. Dan kesan yang didapat adalah...


Seperti yang sudah kita ketahui, Iwan Fals sudah meluncurkan album terbarunya yang diberi judul RAYA. Raya adalah nama anak Iwan Fals yang paling kecil. Namanya menjadi judul album ini dan judul salah satu lagu di dalamnya. Anak-anak Iwan lainnya (Galang dan Cikal – kakak Raya) sebelumnya telah dibuatkan lagu dengan judul nama-nama mereka, jadi lengkap sudah semua dapat jatah. Yang belum ya istri Iwan,

Pada tanggal 25 Juni 2013 malam album ini dirilis dengan perayaan yang dihadiri undangan khusus di Rolling Stone cafe, Jakarta. Tidak tanggung-tanggung 18 lagu dijejalkan dalam album berformat double disc ini. Dan semua lagunya adalah lagu baru. Benar-benar baru, meskipun beberapa ada yang sudah pernah dinyanyikan dalam konser tapi masih tergolong baru. Semua lagu ditulis Iwan kecuali satu lagu lirik dibuat oleh sang istri.

Bagaimana kualitas Album Raya ini..?

Mari kita mulai dari cover album. Dalam bayangan saya sebelumnya, cover album ini akan berdesain ceria karena anak umur 10 tahun yang jadi bintangnya. Kenyataannya cover album ini terasa lebih mewakili usia Iwan Fals. Desainnya ekslusif, mewah. Didalamnya berisi lirik dan foto-foto ekslusif.

Itu baru bungkusnya, bagaimana jerohannya...?

Mari kita intip Disc A
  • Dibuka dengan lagu berjudul ‘Raya’, lagu yang bercerita tentang anak terakhir Iwan Fals. Musik sederhana yang cuma diiringi gitar akustik. Iramanya langsung teringat lagu ‘Galang Rambu Anarki’ dan lagu ‘Anissa’ (lagu tidak beredar). Asik sih lagu ini, cuma menurut saya kurang ceria. 

  • Masuk track kedua, mata saya mendadak fokus ke satu titik diruangan. Intro lagu ‘Aku Ada’ memaksa untuk mengeraskan volume stereo set. Ada suara-suara bening disepanjang lagu. Wow... Itu adalah suara penyanyi perempuan bernama Lea Simanjuntak, dia menjadi backing vocal dalam lagu ini namun tidak bernyanyi dengan bahasa manusia, tetapi ber- heyy yeiii yeiii.. entah apa istilahnya :). Pada lagu inilah saya merasakan karakter vocal Iwan Fals menjadi hidup. Sepanjang lagu ini saya diam mematung terpesona.

  • Lanjut track ketiga. Ini adalah salah satu lagu ghoib yang pernah saya ulas sebelumnya disini. Lagu ‘Negeri Kaya’. Lagu berlirik mantab ini sejak tahun 2010 sudah cukup sering dinyanyikan dalam konser dan kali ini di albumkan. Lirik kritis lagu ini seakan menjawab pertanyaan ‘mana Iwan yang dulu’.

  • Lirik kritis Iwan muncul lagi pada track keempat lagu ‘Katanya’. Dan suara bening Lea Simanjuntak ikut menyelimuti lagu ini, kali ini dia bernyanyi dengan bahasa manusia :). Lagu yang menjadi megah dan tidak membosankan. Ini adalah lagu dengan durasi terpanjang dalam album Raya, sekitar 7 menit lebih.

  • Dan sponsor album ini sudah pasti dibuatkan lagu. Lagu ‘Kopi Top’ dalam track kelima ini belakangan selalu dinyanyikan Iwan Fals dalam konsernya yang disponsori produk tersebut. Apalagi saat ini Iwan Fals menjadi bintang iklan produk ini.

  • Lagu ‘Sampah’ menempati track keenam. Lagu ini juga kerap dinyanyikan dalam konser sebelum di albumkan. Lagu dengan pesan positif untuk kelestarian alam ini dinyanyikan Iwan Fals dengan gaya yang unik. Tidak biasanya Iwan bernyanyi dengan gaya seperti ini. Sayang telinga saya tidak begitu asik mendengar track ini.

  • Track ketujuh membuat badan saya bergoyang mengikuti irama menghentak. Diimbangi dengan lirik keras membuat lagu ‘Tangan Kosong’ ini menjadi waah. Disini saya menjumpai Iwan Fals seperti dijaman album Mata Dewa. Karakter vocal yang ‘ngamuk’ ditambah teriakan-teriakan dalam nada tinggi yang tak dijumpai dalam album sebelumnya. Iwan begitu lepas berteriak pada lagu yang menceritakan tingkatan-tingkatan dalam olahraga bela diri Karate. Iwan Fals sendiri masih aktif berolahraga karate dan dia adalah pemegang sabuk hitam.

    Album Baru Iwan Fals 2013 - RAYA
  • Setelah telinga dipanaskan dengan irama rock. Kini giliran lagu bertempo lambat dengan tema cinta mendinginkan suasana. Track kedelapan ini berisi lagu ‘Cinta Itu’. Kalau urutan track seperti ini semacam kita menonton konser-konser Iwan, lagu ini tentu membuat sebagian penonton memilih duduk. Dan ada kejutan di penghujung lagu, Yos, istri Iwan Fals ikut bernyanyi disini.

  • Berlanjut dengan lagu ‘Adalah’ pada track kesembilan. Kalau dalam konser, tentu penonton masih tetap duduk menikmati lagu cinta bertempo lambat ini. Bahkan sebagian mungkin ngobrol sendiri sedang yang lainnya sibuk sms-an :) . Lagu ini liriknya ditulis oleh Rosana Listanto alias Mbak Yos istri Iwan Fals.

Mari kita lanjutkan dengan Disc B

  • Inget lagu Doa dari album Suara Hati? Yup, lagu ‘Api Unggun’ pada track kesepuluh ini hampir serupa dengan itu. Hanya saja dalam lagu ini alat musik sederhana ikut main. Konsepnya dibuat seperti kita duduk didepan api unggun dan nyanyi rame-rame diiringi alat musik seadanya. Menarik.

  • Iwan Fals masih memasukkan suasana alam dalam album ini. Lagu ‘Gadis Tani’ mengisi track kesebelas dengan lirik sederhana yang mengingatkan saya pada lagu-lagu Franky and Jane. Memory saya melayang ke masa lalu gara-gara lagu ini.

  • Track keduabelas, ‘Lekaslah Sembuh’. Adalah lagu yang didedikasikan Iwan Fals untuk pemain bass Donny Fattah yang sedang sakit ketika lagu ini dibuat tahun 2012. Lagu yang pernah dinyanyikan dalam konser amal menggalang dana untuk biaya pengobatan Donny saat itu, kali ini direkam dan dialbumkan. Tiupan harmonika dengan gaya seperti era Iwan di tahun 80-an menjadi intro lagu ini. Selengkapnya mengenai lagu ini pernah kita ulas pada artikel Lekaslah Sembuh - Lagu Iwan Fals Untuk Donny Fattah.

  • Kangen irama country gaya Iwan Fals?. ‘Rekening Gendut’ jawabannya. Irama lagu dalam track ketigabelas ini mungkin bisa membuat sebagian dari kita loncat-loncat kegirangan, sebagian yang lainnya berbaris main sepur-sepuran keliling kampung atau gulung kuming.. hehehe.. Musiknya asik, liriknya asik, penuh kritikan kepada pemilik rekening yang nilainya tak wajar, mulai wakil rakyat, polisi, jaksa hingga presiden dibungkus kalimat yang kocak. Iwan Fals sudah kembali seperti dulu, lagu ini buktinya. Dan rupanya lagu ini bikin saya jadi inget karya-karya kocak Doel Sumbang.

  • Goyang badan masih dilanjutkan lagi dengan lagu berirama rock n roll asyik yang berkisah tentang percintaan sesama mahasiswa demonstran. Kalau dalam konser pasti sebagian penonton berjingkrak-jingkrak mendengar lagu ini. Lagu ‘Si Putri Dan Si Fulan’ pada track keempatbelas merupakan pembuktian Iwan Fals kalau dia masih bisa bikin karya menarik seperti masa lalu. Dan suasananya membuat saya teringat karya-karya blues alm. Harry Roesli.

  • Puas dengan irama rancak, kembali Iwan Fals menurunkan tensi dengan lagu santai berjudul ‘Bangsat’. Tiupan harmonika khas Iwan menghiasi lagu pada track kelimabelas ini. Lirik kritis tentang koruptor yang dinyanyikan semoga bisa bermanfaat.

  • Seperti kita ketahui, beberapa tahun terakhir ini Iwan Fals aktif dengan internet. Dia juga aktif dengan sosial media di dunia maya. Mungkin itu sebabnya pada track keenambelas muncul lagu ‘Dajal Net’ yang berkisah tentang kecanduan pada internet. Iwan menyanyikan lagu berirama riang ini dengan gaya vocal yang kocak, membuat album ini semakin berwarna.

  • Lalu track ketujuhbelas terasa mendadak kelam. Lagu ‘Pelaut’ yang mendayu dayu membuat saya drop tiba-tiba. Jadi selanjutnya saya akan loncati atau pindahkan urutan lagu ini agar tidak merusak suasana setelah sebelumnya disuguhi musik-musik berirama riang.

  • Dan sebagai penutup dihadirkan lagu ‘Tak Kenal Maka Tak Sayang’, melengkapi delapanbelas track. Lagu ini juga sudah pernah dinyanyikan dalam konser pada tahun 2012. Lagu pesanan khusus yang berirama country ini sudah pernah saya ulas dalam artikel Tak Kenal Maka Tak Sayang - Lagu Iwan Fals.

Selesai sudah, mari cabut kabel speaker, dan kesimpulannya....

Wauuwww... ‘lap keringet’ kenyang bro. Album Iwan Fals - RAYA - ini bikin saya kenyang. Delapan belas lagu baru dalam double disc yang sebagian besar fresh disetel berurutan selama kurang lebih satu setengah jam.

Secara umum saya cukup puas dengan album RAYA ini karena terbukti beragam keinginan fans yang sering disuarakan akhirnya terakomodir disini.

Album Baru Iwan Fals 2013 - RAYAYang maksa Iwan nyanyi teriak-teriak, ada lagunya disini...
Yang minta Iwan bikin lirik kritis, ada lagunya disini...
Yang ingin Iwan nyanyi country, ada lagunya disini...
Yang maunya Iwan nyanyi sambil ngelawak, ada lagunya disini...
Yang nyuruh Iwan rekam lagu ghoib, ada lagunya disini... (meski lagu ghoib ‘masa kini’ hehe)
Yang menuntut Iwan bikin lagu enak, ada lagunya disini... (sebagian besar enak kok lagunya walaupun ada satu-dua yang kurang cocok ditelinga saya, mungkin ditelinga Anda lebih pas)
Yang maunya album ‘kelas berat’, ada di album ini dengan 18 lagu baru double disc, musik keren, karakter vocal bagus...

Kurang apa lagi hayoo? apa masih belum cukup? Kalau belum cukup ya silahkan paksa Iwan lagi.. hehe.

Album Baru Iwan Fals 2013 - RAYABeberapa prediksi dan harapan saya sebelumnya ada yang tepat namun ada juga yang meleset. Yaitu mengenai lagu-lagu ghoib jaman dulu yang rupanya tidak masuk. Tapi sudah pernah dijawab Iwan dengan jawaban sederhana, ‘yang ghoib biarlah ghoib’ hehehe.

Seperti album sebelumnya, album Raya ini dibuat oleh PT.Tiga Rambu dengan label FALS Record. Perusahaan dan label rekaman milik Iwan Fals yang dikelola oleh keluarganya sendiri. Dan album RAYA ini dari kualitas dan kuantitas jelas lebih baik dari album sebelumnya yang mereka buat.

Album ini kerjasama dengan majalah Rolling Stone Indonesia dan Kopi Top. Dijual dengan bundling majalah RSI edisi koleksi dan produk kopi. Jadi rasanya untuk sistem distribusi penjualannya akan lebih mudah sehingga penggemar tidak kesulitan mendapatkannya.

Oke, selamat berburu album RAYA, album baru Iwan Fals 2013.

(sb – iwanfalsmania.com)

**terima kasih untuk bantuan kawan-kawan semua sehingga tulisan ini bisa dibuat :)
------------------------------------------------------------------
IWAN FALS 2013
" RAYA "

DISC A
1. Raya
2. Aku Ada (feat. Lea Simanjuntak)
3. Negeri Kaya
4. Katanya (feat. Lea Simanjuntak)
5. Kopi Top
6. Sampah
7. Tangan Kosong
8. Cinta Itu (feat. Rosana Listanto)
9. Adalah

DISC B
10. Api Unggun
11. Gadis Tani
12. Lekaslah Sembuh
13. Rekening Gendut
14. Si Putri & Si Fulan
15. Bangsat
16. Dajal Net
17. Pelaut
18. Tak Kenal Maka Tak Sayang

Iwan Fals : vokal, akustik gitar, harmonika, klenengan sapi
Toto Tewel : elektrik & akustik gitar, ukulele
Edi Daromi : accordian, keyboard, pianika
Sonata : flute, tamborine, elektrik gitar, mandola, akustik dobro, harmonika
Raiden Soe : drum, gendang, perkusi, megaphone, shaker, drum ocean
Ardy Yusuf : Bass
Album Baru Iwan Fals 2013 - RAYA
foto Raya: antara
foto Iwan Fals: kompas

58 comments:

  1. Pengen ngebuktikan langsung denger lagunya, sambil ngopi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat ngopi sambil denger lagu2nya :)

      Delete
    2. Alhamdulillah udah bisa dinikmati, lagunya lumayan asyik. Aku lebih suka denger lagu2 yg ada di cd B nya

      Delete
    3. syukurlah, setidaknya kualitas karya yg iwan jual sebanding dg harganya :)..

      Delete
    4. pengen download lagunya di mana ya??? boleh kirim link nya gak???

      Delete
  2. apa mulet(museum otlet Oi bekasi jual kasetnya)
    apa Woc(warung Oi cikarang)sudah jual kaset raya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu ane, untuk saat ini albumnya masih pre order di 3Rambu, dikirim mulai tanggal 9 Juli. coba di konfirmasi langsung ke yg bersangkutan ya bro.. :)

      Delete
  3. gmna cara membeli album RAYA pa sma kyak album ke seimbangan.......d.k.s.h

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sampai saat ini yg kita tahu sistem penjualannya masih seperti album keseimbangan. melalui 3rambu dikirim via pos/ambil sendiri. entah kedepannya.. :)

      Delete
  4. Mohon ijin siarkan review nya utk Program siar Losta FalsMania, di Radio Losta FM Blitar tiap senin 20.00-24.00. Frekwensi 89.2 Mhz atau http://www.radiolosta.com. Jingle Program Kami juga dengan suara bang Iwan Fals, yang direkam tahun 2010. Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. mantap..... minum kopi sambil dengeri lagu.a bang iwan....

    ReplyDelete
  6. harganya Rp. 100,000 ya belinya di kediaman bang iwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar.. lebih jelasnya cek fb / twitter manajemen iwan (3rambu)

      Delete
  7. Cara Order gmn nih? pengen banget segera dengarkan lagunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg kita tahu, sampai saat ini cara beli album raya mesti pesen ke manajemen iwan ntar di kirim. atau dateng langsung ke rumah iwan. coba cek detailnya via fb/twitter akun manajemen iwan (tigarambu)

      Delete
  8. Yang mau download album Raya, silakan langsung ke TOKO KITA. Eh, ikutin aja knser IF. Dijual di sana lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, ini yang bener hehe :). Tips kolektor: Beli cd album aslinya, jadikan mp3, lalu dengerin sendiri. Cd asli dibungkus trus disimpen biar awet muda :)

      Delete
  9. Gw belum punya albumnya min...kirim2lah bos...hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh kasihan :) sederhana aja, sob.. tinggal kontek tiga rambu nanti dikirim kok albumnya. perkara pake bayar atau gratis pinter2 ente nego lah.. hehe

      Delete
  10. Kapan konser gratis pagi sambil ngopi gratis pula, tempatnya di lapangan kopasus hehehe. Sip om iwan, maenkan generasi raya!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari kita sama2 tanyakan pada tukang kopi yg bergoyang :)..

      Delete
  11. minta LINK nya dong buat Download

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan langsung tanya ke iwan fals atau manajemennya :p

      Delete
    2. Masih musim download aja Bung..?
      Hub.3R Bung..

      Delete
  12. Byk yg mau download yah.....parah!!!!!!

    ReplyDelete
  13. bisa di download gak bang...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi.. :)
      silahkan langsung tanya ke iwan fals atau manajemennya :p

      Delete
  14. di melodi online (Melon) belum ada ya? :(

    ReplyDelete
  15. mampir gan, nyoba me review album Raya juga... http://pujamandela.wordpress.com/2013/07/31/review-album-raya-iwan-fals/

    ReplyDelete
  16. mantap gan...stelah mendengar album yg baru ini jadi bergairah lagi untuk melakukan sesuatu yg bermanfaat untuk negeri ini #salam #Oi dari North Borneo

    ReplyDelete
  17. puas banget dengan album Raya ini....ringan berisi dan penuh makna...

    ReplyDelete
  18. ada yang sediaini link downloadnya gak ya
    winkomnet.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. Boss, di disc tara ada jual tak? Temen-temen Fals Mania tolong donk beli yang asli, kita dukung bang Iwan agar bisa terus berkarya, toh kalo konser juga sering digratisin, masya' keluar albumnya kita tdk mau beli yg asli . . . Tak patut dech ngaku fans / fals mania kalo tak mau beli yg asli. Oh ya kalo ada yg upload tanpa izin bang Iwan tolong di hapus linknya ya, kecuali album tsb sdh tdk dirilis lagi atau sdh dianggap cukup masa edarnya, tp kalo masih baru rilis spt ini mestinya kita juga pengertian dlm menghargai karya Beliau. Saya pingin beli yg asli tp sampai sekarang yg ada dipasaran cuma bajakan, tolong Agan kasih tahu petunjuk lengkap untuk request order ya . . . Saya tunggu Boss . . . Makasih. Salaam dari Batam

    ReplyDelete
  20. Untuk download lagu dari album terbaru Bang Iwan,Linknya apa?

    ReplyDelete
  21. Nek pingin donlut mbok gak sah bengak bengok nyang kene cah....ketok ndesani....ra ngregani seng nyanyi blas mbok tuku rasah melas melas

    ReplyDelete
  22. ikutan komen soal album raya mas syafiq..
    buat saya Iwan fals adalah master-nya lirik dan lagu balada Indonesia, ga ada duanya, itu ga bisa dibantah.
    Tapi, Iwan fals bukan master-nya arranger/director music/Penata musik, itu masalahnya.

    saya ngikutin lagu2 Iwan fals sejak album 1910 thn'87 sampai sekarang.
    banyak orang bilang di album ini " Iwan fals is back" kembali seperti dulu.
    antara setuju dan tidak setuju sih..
    secara lirik & lagu, saya setuju he is back! kembali dengan lirik2 seperti dulu, juga lagunya.
    tapi secara musikal, Iwan fals is stuck, begitu2 aja, mundur kalo saya bilang malah..
    VOCAL. Ketiadaan Herry Buchaery sebagai penata vocal berpengaruh besar pada hasil suara Iwan fals di album ini.
    intonasi2 vocal nya sering "ditekan" pada lirik2 tertentu.
    mungkin maksudnya iwan fals mau memberi penekanan pada bagian lirik2 tersebut, tapi hasilnya ya jadi aneh. selagu dua lagu okelah, tapi ini banyak bener intonasi vokal yang "ditekan2", di hampir setiap lagu diperlakukan begitu.
    Bandingkan dengan album terakhir sebelumnya (keseimbangan), mungkin secara lirik & lagu ga gitu asik, tapi secara kualitas vocal, jauh lebih baik.

    MUSIK. Di awal saya sempat menyinggung bahwa Iwan fals bukan arranger yang baik. sejarah membuktikan semua masterpiece album Iwan fals itu lahir dari composer2 handal.
    Iwan fals selalu melakukan explorasi dengan komposer yang berbeda di tiap album. dan masterpiece itu muncul dari "pengembaraan" Iwan fals dengan para composer2 hebat itu.
    Album Sarjana Muda adalah masterpiece-nya Willy Sumantri
    Album 1910 & Mata Dewa adalah masterpiece karya musik Ian Antono
    Album Swami-1 itu penata musiknya Sawung jabo (iwan fals nyebutnya "Kapten Musik")
    Album Kantata Takwa, director musik nya Yockie Soeryoprayogo
    satu-satunya album masterpiece dengan Iwan fals sebagai composer music-nya adalah Album Belum ada Judul. Iwan fals pernah mencoba mengulang kembali di album manusia 1/2 dewa tapi gagal menurut saya, dengan kata lain tidak mampu menyamai/ melewati album belum ada judul.

    nah sekarang ini, saya ingin katakan bahwa explorasi Iwan fals mentok. gimana ga mentok, pendukung musiknya itu2 aja, hasilnya ya begitu2 aja. (paling jelas banget di lagu gadis tani, itu intro suara klontongan sapi sama persis dicomot dari lagu intro lagu tanam siram, album Keseimbangan. Iwan fals sendiri pernah mengatakan bahwa sekarang dia sendirian,ga seperti dulu, dimana dulu iwan fals ga repot2 ngurus aransemen. Sekarang Iwan fals harus merangkap segalanya, bikin lagu, lirik, sekaligus "kapten musik"-nya.
    dengan kata lain tidak ada teman musik yang "setara" dengan Iwan Fals dalam menangani album2nya.
    sayang2 lagu iwan fals yang bagus, tapi musik-nya ga maksimal.
    dari segi musik album raya cuma ulangan yang dulu2 juga.
    saya cuma mikir kenapa ga ada director musik-nya ya?, mungkin kebijakan manajemennya maunya gitu.
    sebagai penggemar ya saya cuma bisa pasrah, nunggu ada keajaiban ada lagi masterpiece karya Iwan fals.

    akhirnya, album raya sekedar menjadi pengobat kerinduan saya dengan lagu baru iwan fals, (kalo orang jawa bilang buat "rungon-rungon" atau "kelangenan" saja)
    album Raya belum sampai level album yang bisa saya banggakan.

    apapun hasil karyanya saya tetep beli yang aseli lho...

    sekalian numpang kampanye: Jangan pernah beli album bajakan, apalagi modal download!!!
    malu....

    Salam




    ReplyDelete
    Replies
    1. nah.. yg ini mantab jaya... trims komennya om :)

      Delete
  23. Mantap.. sudah beli cd nya pas konser Iwan Fals di Banjarmasin,,

    DKSH...

    Oi Bersatulah...!!!

    ReplyDelete
  24. kapan neehh ada konser lagi di Lampung selatan bang iwan?

    ReplyDelete
  25. Saya sangat berharap, ada musisi-musisi baru di Negeri ini yang bisa menyamai bung iwan Fals, menghibur dan kritis. tidak soal cinta doang yang di proklamirkan. negeri Ini sedang sakit parah, butuh seniman yang bisa mencerdaskan rakyat seperti lirik-lirik lagu Bang Iwan fals. Trims

    ReplyDelete
  26. salut buat Om Iwan Fals, sukses dan sehat selalu semoga smgkin jaya kedepanya. Aamiin

    ReplyDelete
  27. Mantap lah bang Iwan teh.....

    ReplyDelete
  28. «⌣̊┈̥-̶̯͡ •♡̬̩̃̊D•K•S•H♡̬̩̃̊•·̵̭̌·̵̭̌«̶⌣»

    ReplyDelete
  29. Maturnuwun bang Iwan Fals buat karya lagunya yang telah mengobati rasa haus akan lirik dan kerinduan akan teriakan lantang sang maestro bagi kami penggemarmu.

    ReplyDelete

IWANFALSMANIA.COM -> 100% Iwan Fals. Ini bukan situs official.
Komentar di iwanfalsmania.com dimoderasi, harap maklum. Asal bukan spam dan keluarganya, pasti komen Anda kita tayangkan :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...