Video Launching Album SWAMI Tahun 1990 (LANGKA)

video langka launching album Iwan Fals & Swami th 90
Anda kolektor karya-karya Iwan Fals? Sepertinya Anda mesti berburu rekaman eksklusif dibawah ini. Ini adalah potongan dari rekaman video launching album pertama SWAMI tahun 1990. Sahabat di sawungjabo.wordpress.com berbagi pada kita sebagian kecil koleksi 'antik' nya. Dan beruntung dokumentasi langka semacam ini masih ada dan terawat dengan baik.

Dibawah ini adalah rekaman video penampilan SWAMI pada saat launching album perdana mereka. Pada rekaman video ini Iwan Fals dan SWAMI menyanyikan lagu 'Perjalanan Waktu' dengan ekspresi Iwan Fals yang jarang-jarang kita jumpai. Iwan tampak begitu 'kalap' dalam melody dan lirik lagu ini. Selamat menyaksikan...


Seluruh materi dibawah ini diperoleh dari sawungjabo.wordpress.com. Telah mendapat ijin resmi dari pengelola situs tersebut untuk ditampilkan pada iwanfalsmania.com :).


"Perjalanan Waktu" merupakan salah satu lagu yang dibawakan oleh kelompok musik SWAMI pada saat launching album pertama mereka, bertempat di Topaz Cafe 8 Februari 1990.

Dari http://sawungjabo.wordpress.com/2013/01/11/swami-perjalanan-waktu/

Swami - Perjalanan Waktu

sawungjabo.wordpress.com kembali berbagi video langka yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. ”Perjalanan Waktu” merupakan salah satu lagu yang dibawakan oleh kelompok musik SWAMI pada saat launching album pertama mereka, bertempat di Topaz Cafe di daerah Tomang pada tanggal 8 Februari 1990. Dalam launching album tersebut, SWAMI membawakan 5 lagu andalannya yaitu, “Badut”, “Potret”, “Bento”, “Perjalanan Waktu”, dan “Bongkar”. 

-----------------

Berikut ini kami rangkum sedikit obrolan sederhana pada kolom komentar facebook mengenai video ini (12 Januari 2013). Obrolan antara penikmat musik dan pelaku sejarah.

Tanya: Apakah Totok Tewel ikut dalam launching perdana Swami ini?

Sawung Jabo Dua: 
Tewel terlibat penuh sebagai anggauta Swami pada saat tur Swami di Salatiga... Kota ke dua setelah JOgyakarta. Acp...

Sawung Jabo:
SEtelah formal launching di Topaz Jalan Kuningan. Kita pernah pentas juga di Bintaro. Pemain gitarnya saat itu Jerry (Almarhum). Dia juga yang ngisi gitar di album Swami pertama. Yang Main keyboard di rekaman adalah si Tatas (Sebeleumnya pernah terlibat di Sirkus Barock). Tapi pas pentas di Topaz dan Bintaro yang main Keyboard si Lucki musisi dari Malang. Kalau pas pentas 4 kota, Jogya, Salatiga, Semarang dan Surabaya yang main Keyboard Joki Soeryoprayogo (Saat itu masih bintang tamu bersama Setiawan Djodi). Baru saat rekaman album ke dua Swami Joki sepenuhnya anggauta Swami. Begitu keterangan singkatnya. Bisa tanya pada Naniel siapa tahu aku ada yang terlupa dan salah, ACP.

Naniel Yakin: 
Apa yg dituturkan Sawung Jabo Dua sdh cukup detil.Aq mkn bisa menambahkan bahwa saat pentas di Jogya yg main gitar listrik adalah seorang pemain gitar senior dgn sentuhan rock yg garang. Edmond.

Tanya: kenapa album tersebut lahir pada tahun 1989 dan baru launching pada tahun 1990?

Sawung Jabo: 
Pekara baru launching 1990...itu nunggu proses produser baca moment yang tepat saja...

Juned Topan:
Aku sbg crew di Sirkus Barock awalnya, lalu di libatkan oleh mas Sawung jabo di proyek SWAMI hanya bisa menyaksikan ini sbg sebuah upaya sinergi antara Sawung Jabo yg telah matang dgn Sirkus Barocknya dgn Iwan fals yg telah mapan sbg trendsenter kaum muda. Aku masih ingat pertemuan awal antara mas Iwan Fals, mas Naniel dgn beberapa personel Sirkus Barock di lantai atas rumah mas Jabo di jalan Lobi lobi pasar minggu, dan proses selanjutnya aku terlibat sbg creuw dan asisten alm. Mas Innisisri, karya karya yg di hasilkanpun terasa mengalir dan lugas tanpa kegenitan industri, memasuki proses SWAMI yg ke dua saya mulai merasakan adanya pertarungan ego, yg juga mulai berpengaruh terhadap proses kreatif. Saya rasa mas Naniel bisa di korek kembali ingatannya mengenai proses dan gairah apa yg telah melatarbelakangi keputusan Iwan Fals dalam memilih Sawung Jabo sbg mitra dalam kerja budaya ini, yg lalu lahirlah SWAMI .

--------------------------------

Semoga bermanfaat :) 

8 comments:

  1. da yg punya film kantata samsara gk..?
    blom nonton neh..sharing donk filmnya

    ReplyDelete
  2. Liat video SWAMI lg donk hihihi.....

    ReplyDelete
  3. OMG... back to 90's LEGEND Sang Inspirator... Bang Iwan Fals. COOL.....

    ReplyDelete
  4. Mw tuh video yg fullnyA.....!!!

    ReplyDelete

IWANFALSMANIA.COM -> 100% Iwan Fals. Ini bukan situs official.
Komentar di iwanfalsmania.com dimoderasi, harap maklum. Asal bukan spam dan keluarganya, pasti komen Anda kita tayangkan :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...