Konser Iwan Fals Di Surabaya, Nopember 2012

Iwan Fals Surabaya 2012Iwan Fals kembali datang bernyanyi untuk publik di Surabaya. Konser di Surabaya kali ini lagi-lagi tanpa publikasi yang luas. Namun penampilan Iwan Fals & Band cukup menghibur warga Surabaya dan sekitar yang datang menonton aksinya pada siang bolong di hari Ahad, 25 Nopember 2012 di Stadion Gelora 10 Nopember, Tambaksari Surabaya. Stadion yang dulu pernah menjadi saksi sejarah pentas megah Swami dan Kantata Takwa pada masa kejayaan Iwan Fals di tahun 90-an.


Iwanfalsmania.com dapat kesempatan bisa menghadiri pagelaran bertajuk ‘Festival Pemuda Dan hari Pahlawan’ yang diselenggarakan oleh BPK Oi Surabaya bekerjasama dengan Yayasan Pusaka Merah Putih dan disponsori produk kopi yang dibintangi Iwan Fals. Kehadiran ini sekaligus menjadi reuni dengan kawan-kawan lama sesama penggemar Iwan Fals. Reuni semacam ini termasuk jarang terjadi, dan rasanya cuma konser Iwan Fals yang bisa mengumpulkan sahabat-sahabat sejalan dengan lengkap di satu tempat.

Rentetan acara dimulai sejak hari Sabtu sebelumnya dengan penanaman pohon mangrove di kawasan Wonorejo oleh Iwan Fals dan wakil walikota Surabaya. Dan puncaknya pada Minggu pagi, diawali dengan fun bike, senam aerobik dan donor darah. Kemudian band lokal membuka acara ini dan akhirnya Iwan Fals & Band tampil seusai adzan Dhuhur berkumandang dari masjid seberang stadion, sekitar pukul 11.30.

Awalnya saya mengira penonton akan membludak memenuhi lapangan sepakbola, ternyata tidak. Padahal tiket dihargai 35 ribu rupiah, masih lebih mahal tiket masuk konser di Panggung Kita, Leuwinanggung (rumah Iwan Fals). Perkiraan meluapnya penonton juga karena faktor lokasi di Stadion Tambaksari yang memang langganan konser dan menyimpan sejarah konser akbar Iwan Fals saat masih bersama Kantata Takwa tahun 90-an silam. Saat itu membuat stadion ini seperti tidak dapat menampung penonton.

Panggung lumayan besar yang terletak di sisi selatan lapangan, bagian depannya hanya diisi penonton yang tidak sampai seperempat luas lapangan, dan beberapa orang yang duduk di tribun tidak terlalu banyak. Saya tidak tahu kenapa konser Iwan Fals ini terasa sepi penonton, apakah karena minim publikasi atau stadion yang terlalu besar atau saya yang salah lihat, semoga saya salah lihat. Tapi dengan kondisi begini, saya malah bisa asik keliling kesana kemari mencari kawan-kawan lama disetiap sudut lapangan. Ditambah dengan tertibnya penonton yang memaksa petugas keamanan cuma duduk-duduk menikmati pentas tanpa tugas yang berat. 

Seperti biasa Iwan Fals membuka konsernya dengan koor lagu Doa. Dia bersama deretan pemain band .. oh, ternyata ada gitaris Sonata yang makin melengkapi cabikan gitar Totok Tewel. Lalu perlahan suasana dipanaskan dengan lagu Untukmu Negeri, Seperti Matahari, Tanam Siram dan Potret (Swami). Sebenarnya tidak perlu dipanaskan karena cuaca Surabaya saat itu sungguh luar biasa panasnya, alhamdulillah, tentu masih lebih panas neraka. Meski beberapa hari ini Surabaya sempat mendung dan sesekali gerimis, tapi cuaca siang tadi sangat terik dengan sinar matahari yang bikin perih kulit. Apalagi konser dilaksanakan tepat siang bolong tanpa awan sedikitpun menutupi cahaya mentari yang berada tepat diatas kepala. Iwan juga sempat berkata kalau bisa konser di Surabaya lain waktu diadakan pukul 8 pagi, biar dapet sinar matahari yang sehat. Dia juga menyarankan agar penonton menutup kepalanya dengan poster atau kain spanduk agar tidak kepanasan. 

Lalu tempo sedikit melambat ketika Iwan menyanyikan lagu Mereka Ada Dijalan yang musiknya dirubah menjadi irama reagge. Kemudian disambung dengan Bangunlah Putra Putri Pertiwi, Umar Bakri dan Wakil Rakyat

Ada kejutan di konser ini. Seperti yang sempat saya dengar sebelumnya, akhirnya Iwan Fals membuat dan membawakan sebuah lagu baru yaitu 'Kopi Top', ini adalah lagu untuk Kopi Top, produk kopi yang iklannya dibintangi dia sendiri. Lagu yang musiknya asik dibuat goyang, liriknya menggelitik khas Iwan di tahun 80-an dengan gaya blues-countrynya. Lumayanlah. Ini mengingatkan saya pada lagu Kuda Coklat yang dibuat saat Iwan masih dikontrak menjadi iklan TVS, produk sepeda motor. Bedanya lagu kopi Top ini 'ngiklan' banget, mungkin disiapkan buat promo TV atau radio. Sepertinya lagu Kopi Top ini baru pertama kali dipublikasikan luas, dan Surabaya dipilih menjadi awal dikenalkan lagu ini. (mohon koreksi kalau saya salah). Nah, silahkan diburu lagu ini.. hehehe.. 

Dan pentas masih berlanjut dengan lagu Bongkar, Kuda Lumping, Hio dan akhirnya sekitar pukul 14.00 konser ditutup dengan lagu tempo lambat berjudul Kebaya Merah. Setelah itu Iwan Fals dan Band seperti biasa berbaris membungkuk untuk memberi hormat kepada penonton dan mengakhiri penampilannya.

Cuaca memang sangat terik, saya yang tinggal di Surabaya saja cukup tersiksa siang itu apalagi teman-teman yang datang dari berbagai kota termasuk dari Jakarta yang cuacanya tidak sepanas kota pahlawan ini. Saya lihat beberapa kawan menjadi lemas tidak bersemangat, termasuk saya yang sampai menghabiskan 3 botol sedang air mineral. Andai penonton penuh, rasanya banyak yang pingsan. Dan mungkin karena faktor cuaca ini, saya amati penampilan Iwan Fals dan Band tidak terlalu menggebu-gebu. 

Oke, meskipun cuaca tidak bersahabat, setidaknya kehadiran Iwan Fals di Surabaya bisa menghibur saya dan kawan-kawan. Terima kasih. (sb) 


---------------------------------------------------

Iwan Fals Surabaya 2012
Festival Pemuda Dan Hari Pahlawan 
Ahad, 25 Nopember 2012 Stadion Gelora 10 Nopember, Tambaksari Surabaya 
Jam 05.00 – 14.00 WIB 

Iwan Fals & Band 
Iwan Fals - vocal, accoustic guitar, harmonica 
Totok Tewel - lead guitar 
Edi Darome - keyboard 
Ferry - bass 
Raden - drum 
Sonata - guitar 

Song List: 
1. Doa 
2. Untukmu Negeri 
3. Seperti Matahari 
4. Tanam Siram 
5. Potret (Swami) 
6. Mereka Ada Dijalan 
7. Bangunlah Putra Putri Pertiwi 
8. Umar Bakri 
9. Wakil Rakyat 
10. Kopi Top (jingle Kopi Top, lagu baru) 
11. Bongkar 
12. Kuda Lumping 
13. Hio 
14. Kebaya Merah

Liputan: IWANFALSMANIA.COM
Foto: dari sahabat


 Iwan Fals Surabaya 2012Iwan Fals Surabaya 2012

Iwan Fals Surabaya 2012Iwan Fals Surabaya 2012

Iwan Fals Surabaya 2012Iwan Fals Surabaya 2012


konser Iwan Fals Surabaya 2012

konser Iwan Fals Surabaya 2012konser Iwan Fals Surabaya 2012

konser Iwan Fals Surabaya 2012konser Iwan Fals Surabaya 2012konser Iwan Fals Surabaya 2012

konser Iwan Fals Surabaya 2012konser Iwan Fals Surabaya 2012

konser Iwan Fals Surabaya 2012konser Iwan Fals Surabaya 2012

konser Iwan Fals Surabaya 2012

konser Iwan Fals Surabaya 2012

Jingle Kopi Top



Kopi Top
(Iwan Fals)

Pagi siang sore malam
Apalagi ngumpul bareng teman-teman
Ngobrol ngalor ngidul asiknya nggak karuan
Serasa dunia milik kita

Pagi siang sore malam
Walaupun luntang lantung sendirian
Kopi Top kopi Top
Serasa jadi orang paling top

Inspirasi mengalir cukup secangkir

Kopi Top kopi Top... Top coffee
Top topnya kopi Top
Kopi Top kopi Top... Top coffee
Top topnya kopi Top
Sruput sruput sruput sruput

(......)

7 comments:

  1. Walo brasa aneh lihat konser IwanFals dg background Iklan, Kalo dulu panggung dan seiktarnya Full Hitam (tanpa ada Iklan) selama yang aku tonton sih.. (krn gak semuanya nonton :D) bikin konser serasa "Sakral"... tp Lumayan Konser Temu Kangen Dg IwanFals serta Temen2 Lama dan OI.... salam buat OI aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah sob masbro, jaman berubah orang berubah karena 'kebutuhan' juga berubah hehehe :).

      Delete
  2. sayang aku melewatkan momoent ini.... ketinggalan informasi ... hiks !!

    ReplyDelete
  3. jadi teringat waktu aq terakhir dtg ke std itu waktu aq masih kls 2 smp nonton konser kantata takwa bersama sodaraku

    ReplyDelete
  4. Bang, minta izin untuk Re-post (dengan editan)

    ReplyDelete
  5. udah lama aku ga denger2 lagi jadwal konser iwan fals di jakarta nih, liriknya selalu mambuat saya terinspirasi akan sesuatu :D

    GPS Tracking System

    ReplyDelete

IWANFALSMANIA.COM -> 100% Iwan Fals. Ini bukan situs official.
Komentar di iwanfalsmania.com dimoderasi, harap maklum. Asal bukan spam dan keluarganya, pasti komen Anda kita tayangkan :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...