Konser Iwan Fals – PLASTIK

Liputan Kons3R #2 Iwan Fals. Tema: ‘Plastik’. Leuwinanggung, 8 September 2012.

Konser Iwan Fals - PlastikIni adalah edisi ke-2 konser Iwan Fals di Panggung Kita, Leuwinanggung yang juga rumahnya. Setelah sebelumnya pada 21 Juli 2012 telah menyelenggarakan konser #1 dengan tema ‘Sampah’ di tempat yang sama. Konser Iwan Fals #2 dengan tema ‘Plastik’ kali ini berlangsung pada hari Sabtu, 8 September 2012 sore hari dengan bertabur bintang tamu para musisi profesional. Iwanfalsmania.com berkesempatan menyaksikan konser ini sekaligus silaturahim dengan sahabat-sahabat pengakses blog ini diarea konser.

PT. Tiga Rambu atau biasa disebut 3R, perusahaan milik Iwan Fals dan keluarga seperti biasa menjadi penyelenggara konser-konser Iwan Fals terutama yang dilangsungkan di rumahnya. Konser #2 edisi ‘Plastik’ adalah salah satu bentuk keprihatinan Iwan Fals terhadap begitu bahayanya sampah plastik. Dekorasi panggung pun didominasi oleh sampah-sampah plastik.

Diiringi Totok Tewel (gitar), Edi Darome (keyboard), Raden (drum) dan Ferry (bass), Iwan Fals & Band membuka kons3R sore itu dengan lagu Esek-Esek Udug-Udug. Perlahan para fans Iwan Fals yang tergabung dalam Oi, Fals Mania dan Komunitas Tiga Rambu mulai menyemut sekitar arena konser. Setelah itu berturut-turut lagu Ada Lagi Yang Mati dan Guru Zirah dibawakan. Komposisi Iwan Fals & Band kali ini benar-benar menyuguhkan irama yang cukup 'ngerock. “Wah, kalo main kayak gini baru tiga lagu dah kelar nih!”, seloroh Iwan Fals.

Bintang tamu pertama yang menemani Iwan Fals adalah Balawan, permainan gitaris jazz tersebut sangat menyatu dalam lagu PHK. Lagu ini menjadi sangat energik dan unik ketika permainan gitar Balawan dan Totok Tewel saling bersahutan, mengingatkan kita pada konser-konser G3 yang terdiri dari 3 gitaris handal dunia yakni Joe Satriani, Steve Vai & John Petrucci.

"Bumi terancam polusi, kalo plastik-plastik itu dipakai untuk dipakai membungkus bumi maka mencapai 10x lipatan ukuran bumi. Penyumbang terbesar sampah plastik adalah supermarket, plaza-plaza, pasar. Belum lagi harga-harganya yang semakin membumbung tinggi", ujar Iwan Fals sesaat sebelum ia membawakan lagu Mimpi Yang Terbeli.

Permainan gitar Balawan sangat ciamik di lagu ini, seperti melody-melodi jazz menggerayangi lagu Iwan Fals. Bisa kita bayangan permainan rock Totok Tewel ditaburi oleh permainan jazz Balawan. Kombinasi yang nyaris sempurna, begitupun ketika lagu Desa mereka bawakan. Salut !

Kenapa Balawan menjadi salah satu bintang tamu sore itu? Iwan Fals memberikan alasan yaitu karena salah satu lagunya yakni Buku Ini Aku Pinjam menjadi salah lagu yang menginspirasi seorang Balawan untuk lebih mendalami alat musik gitar. Balawan pun diberi kesempatan oleh Iwan Fals untuk memainkan instrumental lagu Buku Ini Aku Pinjam. Sorak penonton pun membahana mengiringi permainan Balawan. “Semoga Mas Iwan Fals diberikan kesehatan dan panjang umur sehingga bisa menginpirasi kawan-kawan yang lain”, ucap Balawan sesaat sebelum ia meninggalkan panggung.


 
Video Mimpi Yang Terbeli & Buku Ini Aku Pinjam (insrumental) - Balawan
Pangggung Kita 8 September 2012

Iwan Fals Feat. Momo Geisha
Setelah disuguhi 6 lagu yang bertempo cepat dan rock, pada lagu kedelapan Iwan Fals membawakan lagu Izinkan Aku Menyayangimu ditemani oleh vokalis band Geisha yakni Momo. Duet Iwan Fals dan Momo Geisha membuat lagu ini semakin terasa manis dan romantis. Kehadiran Momo Geisha menjadi kejutan karena tidak dipublikasikan luas oleh Tiga Rambu kepada penonton.

Setelah itu, Momo didaulat oleh Iwan Fals untuk menyanyikan lagu Jika Cinta Dia. "Ini lagu galau, saya ingin lihat Oi bisa ngga menyanyikan lagu galau", seloroh Momo Geisha sebelum ia membawakan hits dari bandnya tersebut. Ternyata beberapa fans Iwan Fals banyak yang hapal lagu tersebut. Momo pun terlihat surprise dengan tepukan dan nyanyian para penonton.

"Lagu Takkan Pernah Ada dari Geisha menjadi lagu favorit saya", ujar Iwan Fals. Momo lantas berucap, “Iwan Fals pernah bilang padanya  bahwa lagu ini mengingatkan Iwan Fals tentang Tuhan”. Kembali kolaborasi manis ini membuat penonton berdecak kagum atas penampilan mereka.

Iwan Fals, Iwang Noorsaid, Gilang Ramadhan
Tiba-tiba para personel Iwan Fals Band, satu per satu undur meninggalkan panggung dan penonton pun terkejut ketika dari arah kiri dan kanan panggung keluar secara slide dua buah instrument musik yang “wah”. Ternyata kedua istrumen tersebutlah yang akan digunakan oleh Iwang Noorsaid dan Gilang Ramadhan. Inilah puncak dari konser sore itu, permainan asyik mereka bertiga membuat penonton berdecak kagum. Permainan drum yang rancak dari Gilang Ramadhan, jari jemari Iwang Noorsaid yang menari diantara tuts-tuts keyboard dan suara gelegar Iwan Fals menjadi sebuah kolaborasi yang sangat menakjubkan. Irama-irama yang mereka mainkan sangat kaya dengan beragam jenis musik dari mulai tradisional, rock, ballads, jazz hingga kontemporer.

Kolaborasi mereka menghasilkan lagu Potret Panen + Mimpi Wereng, lagu baru dengan judul Sampah (lagu ini pertama kali dibawakan Iwan Fals saat konser #1 edisi Sampah 21 Juli 2012 di Panggung Kita), Tikus-Tikus Kantor, Mata Indah Bola Pingpong, Ringkik Kuda Betina, Kasacima, Pulanglah, dan sebuah lagu ciptaan Gilang Ramadhan yaitu Aku Pahlawan.


Video Potret Panen + Mimpi Wereng
Iwang Noorsaid, Gilang Ramadhan & Iwan Fals
Panggung Kita, 8 September 2012

Diantara lagu-lagu tersebut beberapa kali Iwan Fals berorasi tentang sampah plastik, korupsi, koruptor, kekeringan, nasib petani hingga wanita. “Itulah perempuan bisa ditebak tapi sulit dicerna, seperti plastik, kalo tidak bisa mengolahnya bisa bahaya !!! ”, ujar Iwan Fals. Bahkan lagu Tikus Kantor dibuat seperti orkestra dan Iwan Fals bernyanyi seperti yang biasa dibawakan oleh Djaduk Ferianto dengan Sinten Remen-nya.

Iwan Fals Konser Plastik
Diakhir lagu Aku Pahlawan karya Gilang Ramadhan, Iwan Fals mengajak semua musisi untuk naik ke panggung dan mengucapkan terima kasih kepada semua kru yang terlibat mulai dari Direksi Tiga Rambu hingga seksi kebersihan. Satu per satu nama mereka disebutkan Iwan Fals. “Maaf bagi yang belum tersebutkan, Terima Kasih !!!’, kata Iwan Fals menutup konser sore itu. (fendi – iwanfalsmania.com)



Konser Iwan Fals Panggung Kita LeuwinanggungKONS3R #2 PLASTIK
Panggung Kita
Ds. Leuwinanggung no. 19 Tapos, Depok, Indonesia 16956
8 September 2012
Jam 15:15

Iwan Fals & Band
Iwan Fals - vocal, accoustic guitar
Totok Tewel - lead guitar
Edi Darome - keyboard
Ferry - bass
Raden - drum

Bintang Tamu:
Balawan
Momo ‘Geisha’
Iwang Noorsaid
Gilang Ramadhan

Daftar lagu:
1. Esek-Esek Udug-Udug
2. Ada Lagi Yang Mati
3. Guru Zirah
4. P.H.K. (feat. Balawan)
5. Mimpi Yang Terbeli (feat. Balawan)
6. Desa (feat. Balawan)
7. Buku Ini Aku Pinjam (instrumental - Balawan)
8. Izinkan Aku Menyayangimu (feat. Momo Geisha)
9. Jika Cinta Dia (feat. Momo Geisha)
10. Takkan Pernah Ada (feat. Momo Geisha)
11. Potret Panen + Mimpi Wereng (feat. Iwang Noorsaid & Gilang Ramadhan)
12. Sampah (feat. Iwang Noorsaid & Gilang Ramadhan)
13. Tikus-Tikus Kantor (feat. Iwang Noorsaid & Gilang Ramadhan)
14. Mata Indah Bola Pingpong (feat. Iwang Noorsaid & Gilang Ramadhan)
15. Ringkik Kuda Betina (feat. Iwang Noorsaid & Gilang Ramadhan)
16. Kasacima (feat. Iwang Noorsaid & Gilang Ramadhan)
17. Pulanglah (feat. Iwang Noorsaid & Gilang Ramadhan)
18. Aku Pahlawan (feat. Iwang Noorsaid & Gilang Ramadhan)

Silahkan follow akun twitter partner kami ->> @BeritaIwanFals untuk mendapatkan update terkini mengenai Iwan Fals. (unofficial account dari fans)

 
Video lagu baru Iwan Fals 'Sampah'
Konser #1 SAMPAH
Panggung Kita 21 Juli 2012

IWANFALSMANIA.COM (sb)

8 comments:

  1. ini baru info yang sebenarnya...DKSH_oi

    ReplyDelete
  2. koreksi ah lagu ke 4.PHK bro...

    ReplyDelete
  3. g nyesel nonton langsung @leuwinanggung
    top markotop...

    Badan sehat
    Jiwa sehat
    Hanya itu yang kami mau..
    Hidup berkah
    Penuh gairah
    Mudah mudahan ALLAH setuju...

    ReplyDelete
  4. mantappp dahh ,,
    yo ayo di daur ulang jadi uang :)

    ReplyDelete
  5. yang lagu pahlan di uplod dong bos

    ReplyDelete

IWANFALSMANIA.COM -> 100% Iwan Fals. Ini bukan situs official.
Komentar di iwanfalsmania.com dimoderasi, harap maklum. Asal bukan spam dan keluarganya, pasti komen Anda kita tayangkan :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...