Album Baru Iwan Fals 2009, Untukmu Terkasih

Awal Juli 2009 menjadi jawaban atas pertanyaan para penggemar yang selalu menanyakan kapan Iwan Fals akan merilis album baru. Album terakhir Iwan Fals adalah album ‘kompromi dengan pasar’ berjudul 50:50 yang edar pada tahun 2007 dibawah label Musica Studios. Dan kini dibawah bendera Falcon Music, Iwan Fals merilis sebuah album baru berjudul ‘Untukmu Terkasih’.

Namun jangan senang dahulu, album baru ini hanya berisi 2 buah lagu yaitu "Untukmu Terkasih" dan "Merdeka". Kedua lagu itu malah sudah dipasarkan kepada publik lewat konten download RBT bersamaan dengan launching situs resmi Iwan Fals (iwanfals.co.id) pada 16 Agustus 2008 yang lalu. Lagu Untukmu Terkasih liriknya ditulis oleh Fajar Budiman dan lagunya dari Iwan Fals. Lagu ini kemudian semakin sering dinyanyikan dalam konser-konser Iwan Fals sejak awal 2009 baik di TV maupun open space. Khusus lagu ‘Merdeka’, itu malah sudah lama dinyanyikan seperti dalam penampilan Iwan Fals di sebuah stasiun TV pada tahun 1998.

Dalam mini album ini, Iwan Fals membawakan secara akustik kedua lagu itu. Mengingatkan kita kepada 2 album sebelumnya yang juga dibawakan Iwan Fals full akustik yaitu album "Belum Ada Judul" dan album “Manusia 1/2 Dewa". Kedua lagu dalam mini album ini direkam di Fals Record (studio pribadi milik Iwan Fals) di Leuwinanggung. Sedangkan untuk proses mixing-nya dibantu oleh Heirrie Buchaeri pada pertengahan Desember 2008. Heirrie saat ini juga tergabung dalam Iwan Fals & Band sebagai pemain bass.

Mini album ini diedarkan dalam 2 versi yaitu kaset dan CD. Harga keduanya relatif terjangkau dan dibawah harga rata-rata kaset dan CD yang beredar saat ini. Cukup masuk akal karena hanya berisi 2 lagu. Dalam versi kaset dijual dengan harga Rp.12.000 sedangkan untuk versi CD dijual dengan harga Rp.20.000 dan ditambah bonus berupa DVD video clip "Untukmu Terkasih". Sebuah video klip yang berkisah tentang penderitaan rakyat kecil, dan membawa pesan kepada kita agar membantu rakyat yang tidak mampu. Mini album ini diproduksi oleh PT.Merak Cipta Indokreasi dan bisa dibilang album Untukmu Terkasih dari Iwan Fals ini sudah lepas dari Musica Studios, label yang dominan menaungi Iwan Fals selama ini.

Penjiwaan Iwan Fals di kedua lagu dalam album ini cukup baik. Iwan Fals terdengar fresh membawakan kedua lagu tersebut walaupun hanya diiringi dengan gitar akustik tanpa harmonika. Terlebih pada lagu Merdeka, Iwan Fals bernyanyi sangat emosional ditambah ritme lagu yang lumayan cepat. Diakhir lagu, Iwan Fals memekikkan kata Merdeka..! dengan penuh semangat. Mini album ini seperti menunggu dihadirkan pada momen bertepatan dengan suasana Pilpres dan menjelang peringatan HUT RI pada Agustus nanti.

Dalam mini album ini, Iwan Fals kembali mengajak kita yang mampu untuk membantu minimal satu orang yang tidak mampu agar kemiskinan dapat sedikit teratasi. Pesan tersebut digambarkan lewat desain covernya dimana pada setiap bagian ditampilkan potret - potret kemiskinan yang terjadi di sekeliling kita. Foto-foto dalam cover album ini diambil oleh fotografer terkenal Darwis Triadi.

Sayang, kehadiran album ini malah seperti menjadi album baru namun ‘basi’. Karena lagu-lagunya sudah terlalu sering didengarkan. Ada kekecewaan dari banyak penggemar, lagu baru Iwan Fals di album ini sudah didengar dimana-mana, video klipnya juga sering tayang di TV, bahkan versi mp3 bajakannya juga mudah didownload, namun albumnya malah baru sekarang beredar. Itupun hanya berisi dua lagu. Kehadiran album ini terkesan dipaksakan mengingat Iwan Fals sudah 2 tahun belum mengeluarkan album baru. Kekecewaan ini mengingatkan pada album lama Iwan Fals seperti album Mata Hati yang hanya berisi satu lagu baru. Juga pada album Anak Wayang yang hanya berisi 6 lagu, itupun Iwan Fals cuma bernyanyi penuh pada dua lagu dan selebihnya duet dan dinyanyikan oleh Sawung Jabo. Serta pada album Pemanjat yang hanya ada satu lagu yang dinyanyikan Iwan Fals.

Dan ada satu pertanyaan juga, mengapa pada album baru Iwan Fals ini tidak sekalian diisi dengan lagu 'Negeri Yang Hilang' karya Bagoes A.A. Lagu itu sekarang malah sudah dijual dalam konten download ring back tone. Sepertinya Falcon sebagai label Iwan Fals yang baru berusaha menghindari pembajakan lewat strategi pemasaran dengan meluncurkan lagu dalam konten download dahulu, baru setelahnya lagu-lagu itu dijual dengan sistem dicicil dalam bentuk CD atau kaset dengan harga yang relatif murah. Mengamati ini, kami mengira selanjutnya akan hadir mini album-mini album Iwan Fals yang lain.

Namun dibalik semua itu, kehadiran mini album Untukmu Terkasih ini sedikit mengobati kerinduan penggemar. Meskipun materi album bukan sesuatu yang baru, minimal album ini bisa menjadi koleksi. Harapan kami semoga mini album ini hanyalah 'pemanasan' dan menjadi penyemangat Iwan Fals dalam berkarya untuk menghasilkan sebuah album yang berisi lebih dari 2 lagu. Sudah tentu penggemar Iwan Fals sekarang sangat menanti-nanti kolaborasi Iwan Fals dan Slank yang santer dibicarakan. Dari majalah Rolling Stone Indonesia edisi Juli 2009, dikabarkan Iwan Fals dan Slank akan membuat album bersama dengan dua vokalis yaitu Iwan Fals dan Kaka. Kita tunggu saja. (Fendi Kurniawan & SB)

6 comments:

  1. Lagu Merdeka pertama kali di bawakan di acara tipi tahun 1998 bersamaan dengan lagu Libur Kaum Kusam & Untukmu Negri. iringan TNT ORKESTRA [Tya Subiakto]

    ReplyDelete
  2. kami disini menantikan filem kantata takwa.. dan kunjungan iwan fals untuk membuat konser dimalaysia..

    ReplyDelete
  3. kok mahal banget harganya 20ribu cuma dapet 2 lagu. jadi satu lagu 10 ribu. bukan lagu baru lagi n lagunya jg gak bagus2 banget. mending donlot aja ah. iwan kok materialis gini ya.. sebagai penggemar gue jadi sedih

    ReplyDelete
  4. sorry boleh clarify ya,
    Lagu ini pertama kali dinyanyikan Iwan fals bukan tahun 1998 di TV, tapi live di Monas tahun 1995 dalam rangka 50 tahun Indonesia merdeka. waktu itu di Monas ada 5 panggung masing masing membelakangi Monas. 5 panggung ini sbg representasi dari Jakarta Barat, Timur, utara, selatan, dan pusat. Iwan fals sendiri tampil di Panggung Jakarta Barat, karena dipanggung ini khusus di isi musisi2 rock.
    acara dimulai sekitar pukul 7.30 malam (saya lupa). Berturut-turut tampil sejumlah penyayi rock,antara lain Gito Rillies, Ikang Fawzie, Renny Jayusman, Andy Liany, anang, Ahmad Albar.MC-nya waktu itu Pepeng "Jari-jari". Iwan fals sendiri tampil kira2 jam 10 malam (saya nungguin dipanggung itu dari jam 3 sore, coba kebayang ga, seeh capeknya), setelah Ahmad Albar. sebelumnya sempat ada keributan penonton saat Anang (waktu itu masih gondrong) nyanyi. Anang diteriakin turun!..turun! oleh penonton. Dari pertama acara dimulai penonton sudah teriak-teriak nama Iwan fals!
    Suasana sedikit mereda ketika Ahmad albar tampil. yang saya ingat waktu itu Ahmad albar muncul ke panggung dengan menggunakan Harley. Dan yang ditunggu-tunggu pun tiba. Ya, Iwan Fals! Dia tampil dengan kemeja Putih panjang (kalo ga salah) tampil solo hanya dengan gitar akustik. Tadinya saya membayangkan Iwan fals akan tampil full band, tapi ternyata tidak. Yang membuat saya tidak habis pikir saat itu adalah hanya dengan gitar akustik-nya seorang Iwan fals mampu menggoyang seluruh penonton untuk berjoget & bernyanyi bersama tanpa aba-aba. it's fully charismatic!!
    Lagu pertama yang dinyanyikan Iwan fals adalah lagu Merdeka. Itula sebabnya saya ingat betul dengan lagu ini. Ada lirik yang berbeda dibanding dengan versi yang sekarang. Iwan fals menambahkan kata "mudah-mudahan" setelah kata "merdeka". Jadi liriknya menjadi "..merdeka..merdeka..merdeka.. mudah-mudahan..". Lirik ini saya ingat betul, karena begitu mengelitik dalam pikiran saya. Disaat orang-orang begitu bereforia dengan 50 tahun Indonesia merdeka, nampaknya Iwan Fals belum yakin dengan kemerdekaan yang dicapai. Mungkin ini terkait dengan kemerdekaan dalam berekspresi yang begitu sulit didapat pada waktu itu. (tahun 1995 orde baru masik kuat sekali). Ini bisa disimak dari penggalan lirik lagu ini "..merdekalah dengan sesungguh-sungguhnya.."
    Lagu kedua, adalah Siang seberang istana.. kemudian disusul lagu ketiga Puing, selanjutnya saya lupa.. Iwan fals tidak menghiraukan teriakan penonton yang berteriak-teriak Bento!..Bento! yang saya ingat lagu terakhir yang dinyanyikan adalah Alam Malam (album Cikal)kemudian acara ditutup dengan menanyikan lagu Kebyar-kebyar nya Gombloh oleh semua artis pendukung.
    Setelah semua artis turun panggung semua penonton lari kebelakang, termasuk saya,untuk melihat Iwan fals dari dekat. Ternyata dibelakang sudah ada barikade polisi di kiri-kanan untuk memberi jalan para artis yang keluar dari panggung. Berturut-turut muncul dari belakang panggung semua artis pendukung acara, kecuali Iwan fals! sampai semua artis keluar, bahkan sampai barikade polisi yang mengawal bubar, Iwan fals tetap tak terlihat juga. akhirnya penonton bubar, tanpa bisa melihat dimana Iwan fals / keluar lewat mana saat itu. Satu-satunya hal yang mencurigakan saya waktu itu adalah ketika ada 1 mobil ambulance yang keluar dari belakang panggung dengan penumpang di sebelah kiri yang berkumis, berkacamata dan menggunakan topi dan pakai baju putih. Mungkin itu Iwan Fals yang menyamar, tapi saya tidak yakin juga. Yang jelas setelah ambulance itu lewat, barikade polisi bubar, padahal masih ada beberapa artis yang keluar dari panggung.

    maaf mas Syafiq, kepanjangan nih comment-nya.
    thanks.

    ReplyDelete
  5. makin asyik aja bang iwan lagunya

    ReplyDelete

IWANFALSMANIA.COM -> 100% Iwan Fals. Ini bukan situs official.
Komentar di iwanfalsmania.com dimoderasi, harap maklum. Asal bukan spam dan keluarganya, pasti komen Anda kita tayangkan :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...