Iwan Fals Ada Di Video Klip Hardolino

Hardolino adalah nama grup musik pendatang baru yang membawakan lagu-lagu bertema sosial. Mereka telah menyelesaikan album perdananya yang bertitel 'Wardino' dengan lagu andalan berjudul sama. Sebuah lagu bertema sosial yang menceritakan tentang TKI yang rindu kampung halamannya. Secara umum lagu-lagu dalam album perdana Hardolino cukup unik dan easy listening, mereka hadir memberikan warna lain musik Indonesia yang saat ini temanya cenderung monoton. Album perdana mereka dikabarkan akan rilis pada bulan Mei 2009.

Lalu apa hubungannya Hardolino dengan Iwan Fals?. Perhatikan video klip lagu Wardino dibawah ini dengan seksama, dari awal sampai akhir...



video klip Wardino by Hardolino - April 2009. source: youtube

Sudah dilihat? Apa hasil pengamatan Anda dari klip tersebut?.

Ya, pertama melihat setting saung bambu langsung mengingatkan saya pada suasana di Leuwinanggung, yaitu rumah Iwan Fals. Saung bambu itu ada dihalaman samping Panggung Kita yang biasa digunakan untuk konser bulanan. Kedua, diantara personil Hardolino yang belum pernah saya lihat sebelumnya, dalam klip itu saya melihat wajah yang cukup familiar yaitu Deni Kurniawan. Dia adalah pemain drum Iwan Fals & Band yang rutin mengisi acara konser bulanan Iwan Fals di Leuwinanggung. Disini Deni sebagai additional player.

Lalu yang sangat mengejutkan saya adalah 5 detik diujung klip ini. Ada apa dengan 5 detik tersebut?. Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan kembali klip diatas mulai menit ke 2:36. Disitu tampak seorang lelaki berkaus putih dan bercelana jeans berjalan melewati bagian depan saung bambu tempat Hardolino duduk-duduk sambil bernyanyi. Lelaki itu berjalan dengan ekspresi 'bingung' menoleh ke arah kita (kamera) di kiri dan dilanjutkan melihat kearah personil Hardolino di kanannya. Tanpa berhenti dia terus berjalan begitu saja. Meskipun dishooting dari jarak tidak terlalu dekat, namun saya yakin sekali kalau lelaki itu adalah Iwan Fals. Dan memang benar, dia adalah Iwan Fals yang kita semua sudah mengenalnya, kali ini dia tampil dengan potongan rambut ala militer.

Wow..., Iwan Fals jadi figuran di video klip band anak muda pendatang baru?. Apa hebatnya Hardolino ini sehingga seorang legenda musik Indonesia mau menjadi 'bumbu' pada klipnya?. Dan Iwan Fals selama ini belum pernah tampil apalagi menjadi figuran dalam video klip penyanyi siapapun.

Berikut kutipan tentang Hardolino yang saya ambil dari wikipedia:

"Hardolino adalah kelompok musik asal Jakarta yang digawangi oleh 3 kakak beradik, Arda (gitar akustik, bass), Dana (vokal), Wandy (gitar elektrik), dan seorang sahabat mereka bernama Wendy (piano dan keyboard). Album mereka, Wardino (2009), adalah album perdana yang digarap kurang lebih selama 8 bulan di studio Fals Record, di Desa Leuwinanggung, Cimanggis."


Fals Record? Leuwinanggung?. Saya coba menelusuri lebih jauh mengenai band ini. Dan sebuah sumber yang bisa dipercaya menginformasikan kalau mereka (Arda, Dana dan Wandy) adalah keponakan dari istri Iwan Fals, Rossana, yang juga manajer Iwan Fals. Oooh ternyata...


Menurut saya mereka punya skill bagus dan warna musik yang diusung untuk saat ini termasuk 'berbeda' dengan lagu-lagu Indonesia belakangan. Bagi saya meskipun tanpa 'penampakan' Iwan Fals' di klipnya, mereka masih sangat berpeluang dikenal karena hadir dengan keunikan materi-materi lagunya. Lantas apakah tampilnya Iwan Fals ini memang kemauan dia pribadi sebagai bagian support pada keponakannya atau ada desakan tertentu?. Apa Hardolino tidak 'pede' dengan musiknya sehingga 'memanfaatkan' Iwan Fals sebagai paman hanya untuk mendongkrak popularitasnya?. Tapi itupun sah-sah saja, apalagi kesempatan itu ada.


Saya kembali ingat pada lagu Pak Tua yang dinyanyikan Elpamas pada tahun 90-an (pemain keyboard Elpamas, Edi Daromi, sekarang juga bergabung dalam Iwan Fals & Band). Saat lagu itu beredar dan dikenal luas, kita hanya mengenal nama Pitat Haeng sebagai pencipta lagunya. Baru setelah sekian lama kita memperoleh informasi bahwa nama Pitat Haeng itu adalah nama samaran dari Iwan Fals. Dan ketika media menanyakan langsung pada Iwan, dijawabnya saya tidak ingin orang membeli album Elpamas karena nama saya tercetak sebagai pencipta lagu. Dan faktanya lagu Pak Tua menjadi ngetop sebelum orang sadar dengan identitas asli penulis liriknya. Bahkan sampai sekarangpun masih banyak yang tidak tahu kalau lagu Pak Tua adalah karya Iwan Fals.


Mungkin kondisi saat itu berbeda dengan sekarang, dimana persaingan industri musik tanah air begitu ketat. Dan semua ini adalah hak seorang Iwan Fals untuk mau menjadi figuran video klip Hardolino yang shootingnya dilakukan di rumahnya, apalagi band ini juga masih keluarganya sendiri, tentu prosesnya tidak rumit. Tolong menolong dalam keluarga itu wajar.


Namun saya coba membayangkan andai ada sebuah band yang baru lahir dan tidak ada sangkut pautnya dengan Iwan Fals, lantas meminta Iwan Fals sebagai pemanis video klipnya, sebagai figur penarik perhatian, untuk menaikkan pamor dan penjualan lagu mereka, apakah Iwan Fals atau manajemennya mau menerima?. Sedangkan dilamar untuk menjadi icon sebuah merk sepeda motor saja, Iwan Fals mengaku membutuhkan waktu setahun untuk berpikir. Dan kemungkinan besar nantinya akan ada dua segmen pendengar lagu-lagunya Hardolino. Yaitu orang yang memang benar-benar menyukai musiknya, atau orang yang penasaran karena ada Iwan Fals didalamnya.


Ya.. apapun itu, menurutku Iwan Fals sekarang mulai serius mencetak bibit-bibit pemusik baru yang satu aliran dengannya sebagai penerus, dan itu tampaknya dimulai dari lingkungan terdekatnya. Semoga suatu saat nanti yang lain juga kebagian kesempatan seperti ini. (SB)

24 comments:

  1. Semoga dengan hadirnya Hardolino dengan lagu bertema sosial bisa menularkan keberanian munculnya band2 lain dengan jenis lagu sosial/balada...

    Makasih infonya mas SB :-)

    ReplyDelete
  2. thx mas infonya,,,,
    aQ DownLoad ah,,,,

    ReplyDelete
  3. ah, KKN nih.

    ReplyDelete
  4. Wahhh .. wahhhh.. Sebagai Oi-oi Pemula.. Asik juga nihh Saya Jadi Punya pilihan Untuk mendengarkan Artist Yg bertema Sosial tapi kemasan nya Anak muda yg Keren2 dan rada Rocker..Semoga ajah nihh mereka berjuang Terus Yahh..Paling engga Alternative Untuk main Music Ga melayu melulu..Bisa liat Sosial Dan Sekitarnya... Salut Dahh Buat Hardolino..
    P.S Tapi lagu2 nya mereka sendiri kan yg tulis.. soalnya warnanya Ada Yg kayak bang iwan sedikit,tapi Ada juga yg beda banget ?

    ReplyDelete
  5. vocalisnya suka mabok ya kok lemes gitu. lagu2nya biasa ajah g istimewa liriknya jg maksa cuma dompleng nama besar bang Iwan Fals aji mumpung istilahnye. Bang Iwan kok mau2nya sih didompleng keluarga sendiri. tuh bang yg dijalanan banyak yg lebih bagus nyanyinya cntohnya pengamen2 sepeti jaman abang dulu mereka itu yg mestinya dibantu diangkat ke permukaan. bakat dan kreatifitas mereka jauh lebih keren dari band ini cuma kesempatan saja yg mereka g ada. Seharusnya bang Iwan turun kebawah dan melihat kenyataannya. yang lemah yang dibantu, inget IWAN FALS dulu juga mulai dari bawah kan. Seleksi alam yg membuat IWAN jadi legenda. yang utama adalah prosesnya

    ReplyDelete
  6. salam buat fals mania....

    mungkin sudah saatnya ada regenerasi..harus ada fals2 junior yang bisa melanjutkan kritik2 sosial lewat lagu...soal bagaimana prosesnya ya terserah para pihak lewat jalur apa dan bagaimana...yang penting ada wujud nyata...dan tinggal menunggu respon dari pendengar/penikmat musik...ayoo berkarya teruss !!!

    ReplyDelete
  7. anonymous said
    sang legenda memang hebat...terlepas dari hubungan persaudaraan ....kayanya sang legenda liatnya dari materinya, keberaniannya u mandiri
    dgn berani melawan arus musik saat ini yg dikuasai label2 besar dgn hasilnya lagu2 melo/cengeng2 perlu perjuangan oi..oi..melawan pasar begini.
    salut hardolino.. mudah2an ini menjadi pintu u,,sang legenda mengangkat/membuka jalan bagi hardolino2 lainnya yg memiliki kepedulian sosial tinggi..amin.

    ReplyDelete
  8. yang pasti.. pro dan kontra itu biasa ... yakinlah Iwan yg menjadi kebanggaan kalian tidak pernah kkn.. hardolino menciptakan lirik aransemen lagu sendiri tidak ada bantuan sama sekali dari kel. Iwan...klw ter influence dgn lagu2 Iwan ya wajar aja... dimana2 juga penyanyi jalanan juga begitu sama... hehehe saya tau hardolino tdk kkn dgn Iwan semua usaha sendiri ... modal dsbnya... jadi ya u/ yang dijalanan harus jg berusha sendiri.. dulu Iwan juga ga ada yg bantu ..Oke ??? Tanya deh sama Iwannnya dia dipaksa atau kemauan sendiri .. jadi semua tdk tanda tanya ...

    ReplyDelete
  9. kalo bukan kkn ngapain iwan tampil di klipnya? coba hardolino bersaing dg fair. okelah rekaman di studionya iwan, syuting klip dirumah iwan. Mungkin semua bisa... tapi memakai iwan jadi model klip?? emang hardolino bayar berapa puluh juta? gw yakin kagak mungkin bayar deh kan paman sendiri. kalo mau bersaing dalam karya musik dengan fair, pakailah cara yang jujur jgn 'memaksa' dompleng nama besar iwan!!!. kalo musik kalian bagus toh akan terkenal dg sendirinya tanpa perlu pake embel2 iwan di klipnya. Kalau sudah begini apa namanya bukan dibantu sama Iwan hah??? apa bukan KKN namanya hah??? Terus terang saja, gw kenal band kalian bukan karena musik kalian, tapi karena IWAN FALS ada di klip kalian..!!!!!!
    Kalau iwan dg sukarela mau main di klip kalian, coba nanti gw kontak menejemennya, maukah mereka ijinkan Iwan tampil di klip band gw. Kalo iwan bersedia.. gw akan bela-belain jual rumah untuk honor Iwan tampil di klip gw...!!!

    ReplyDelete
  10. yoi said
    netes aja blm..udah rame gini hebat juga ni band. tapi sebaiknya pengelola web minta pendapat bang iwan langsung mengenai keberadaannya di klip..ifm mah ngak tau apa2.
    itu paling...penting.

    ReplyDelete
  11. hahaha..Hardolino ga usah pake bang iwan lewat dibelakang udah keren kok...tapi apa bener ini artist keluaran labelnya iwan atau cuma jadi cameo.kalo misalnya cuma cameo ?lucu juga yah..
    karna ini jatuhnya kayak om bantuin ponakan ajah..Cuma berhubung sih "Om" adalah sang Legenda.. makanya jadi seru.cuma kalo di liat2 sih biasa2 ajah kok..kayak kita kebanyakan yg kalo mau ngapain2 pasti enak kalo ada keluarga atau orang2 terdekat yang ngebantu.. iyah ngaa ?
    Hayo Ngaku semuanya... kayak raja jaman dulu,kan tahta harus jatuh ke keluarganya.. (itu namanya apa,kalo bukan KKN ?) ;)

    ReplyDelete
  12. mudah2an Band ini bagus, karena klu cuma bawa nama bang iwan tapi ga berkualita ya.. sayang...seperti film Kekasih yg ada bang iwan toh film tersebut ga booming biasa2 aja....

    ReplyDelete
  13. HAHAHAHAHAHAHA... cari duit dan popularitas susah banget ya sekarang. Iya bos yg diatas gw. Film KEKASIH meski pake bang Iwan nyatanya gak laku. TVS pake Iwan juga masih kalah penjualannya sama BAJAJ. Gw pribadi sangsi nih hardolino (ribet banget sih namanye) bisa sukses. Melihat personilnya yang nggak banget cuma menang di tato sama gondrong tapi gayanya kayak D'Nasib, Hijau Daun, de el el.. hahahahahaha. Lagu2nya sih lumayan, cuma cara nyanyinya yg lemes kurang tenaga. Ngga klop dg tema lagunya. Kalo mereka nyanyi lagu cinta mungkin cocok. Ya beruntunglah kalian punya pak de Iwan. Tapi kalo gw punya paman artis, malu aah kalo numpang ketenaran dari paman sendiri.

    ReplyDelete
  14. oi kopral... lo tau apa si ttg ini smua?? bnyk cakap kali kau.. situ yg legend atau bang iwan?? hahahahahahaha

    ReplyDelete
  15. OII anonymous... emang lo sapa? lo personil hardolino ya?
    boss, suka2 gw kasih opini dong. ya ini resiko lo kalo mau dikenal, harus tahan dg opini2 miring. Kalo mau tenar yang mesti siap mental. kena kritikan aja lo sudah keder, gimana mau sukses??

    ReplyDelete
  16. Baru tau ak, lagu mereka mirip Om Nya ya, cm nyampur ke komersil. Tetep ga aman sih untuk jualan, balada sosial di tengah badai cinta2 gini? Cm lihat di pertemanan facebooknya kelihatan lumayan banyak penikmatnya. Ini artinya ada kans disini. Baru mau muncul kan mereka??
    Kalo soal jalan, ya terserah bang Iwan dong. Beliau jalan aja udah rame apalagi kalo terbang?? Hardolino tau ga ya diomongin disini. Semoga bisa tampil di tv segera, atau di konser bareng bang IwAN! Ditunggu!!

    ReplyDelete
  17. Keren...
    Apabila Putra rAMBu AnaRki masih ada tentulah ikut bernyanyi d saung itu..
    Tpi Tuhan pnya rencana, manusia jga. Hendaknya mata kita melihat ini seperti mata dewa memandang. Lewatnya bliau mugkin menggantikan itu smua.

    ReplyDelete
  18. wah wah kok pada ribut gini ya?? belum muncul aja sudah fenomena gini????.
    Sayang juga fans bang Iwan bisa tergores oleh kecemburuan seperti ini.
    wajar banget klw saudara saling tolong menolong.. yg ga wajar malah klw tdk menolong org yang terdekat.. Oma irama wajar ga ya menolong anaknya sendiri?? apa malah ga wajar orang tua menolong anaknya sendiri??. gimana dgn perusahaan keluarga ya?? kkn juga ya? kayaknya kita harus perlu belajar lagi dari syair2 bang Iwan ttg kkn tuh apa sih sebenarnya? Mudah2an fals mania yg diatas marah2 gitu diberi kelapangan dan kelancaran dalam nge bandnya... semua perlu usaha tapi Tuhan akan memberi jalan yang berbeda.. moga2 dgn keikhlasan dan kesabaran akan mendaptkan hasil yang baik dan diridhoi... ambil langkah dengan hati yg bersih jgn dengan hati yg penuh dgn iri... Insya Allah semua lancar... Aminnn. Sy pikir group ini jg masih perlu berjuang keras di kacah musik Indonesia .. ga dpt ngejamin jg dgn nama bang Iwan langsung bisa sukses .. wait and see aja ok

    ReplyDelete
  19. wah wah wah seru ni...banyak yang sok tau juga ya tentang bang iwan, susah2 tanya aja langsung di web nya abang, suara hati, si abang langsung jawab tuh. sapa tau hardolino nya ada juga, kan bisa langsung jawab kkn atau bukan. piss

    ReplyDelete
  20. iya nihh kayaknya seruu bangett...
    biarkan saja.."yang muda yang berkarya",toh kalau dalam berkarya tak ada batasnya kan ??, kenapa harus diributkan sih kita nikmati saja selagi kita masih diberi karunia untuk mendengar dan melihat,janganlah buat negara kita ini makin panas,dengan adanya rasa iri dan dengki. seharusnya kita dukung kawan2 kita ini untuk terus bekarya. HIDUP MUSIK INDONESIA

    ReplyDelete
  21. untuk siapapun yg mengkritik Hardolino...kita harus beri support dulu untuk Band Baru, jangan underistimet dulu.....kalau bisa beri masukkan2 yg membangun, jgn langsung menjelek2kan.....namanya BAnd baru harus banyak proses pembelajaran...

    ReplyDelete
  22. Semoga perjuangan mereka tidak sia-sia,,,
    mencoba mencari arti kehidupan dari berkah yang dikaruniakan Allah SWT,,,

    ReplyDelete
  23. - Kelompok Musik Hardolino sudah launching album I Wardino hari Rabu 10 Juni 2009 malam di Warung Prestasi, Gelanggang Remaja Bulungan Jakarta.
    - Selain dihadiri wartawan cetak dan elektronik, juga dihariri oleh bang Iwan Fals dan pengamat musik bang Remy.
    - Dalam komentarnya, bang Iwan malah bilang nge-fans ke Hardolino,,???
    - Selamat buat Hardolino,,, semoga membawa berkah untuk Indonesia,,,,

    ReplyDelete
  24. Maju Hardolins, jangan dengerin orang-orang yang ngehambat jalan lo untuk ngerubah musik di indonesia yang udah parah banget..

    Huh!!! baru ponakannya iwan fals udah banyak yang ngiri, gmana ponakannya marley!!! bunuh-bunuhan kali lo pada!!!! hehe

    ReplyDelete

IWANFALSMANIA.COM -> 100% Iwan Fals. Ini bukan situs official.
Komentar di iwanfalsmania.com dimoderasi, harap maklum. Asal bukan spam dan keluarganya, pasti komen Anda kita tayangkan :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...