Untukmu Terkasih

Proses pembuatan lagu "Untukmu Terkasih" berjalan dengan cepat. Sore itu langit di atas kampung Cipeucang, Cileungsi, Bogor, sedang cerah. Tiba-tiba aku mendapat ide untuk menulis syair lagu "Untukmu Terkasih". Syair itu aku tulis di handphone kemudian aku kirim ke handphone Iwan Fals yang saat itu sedang berada di luar Jawa untuk melakukan konser. Setelah mendapat lirik lagu tersebut Iwan langsung komentar lewat sms. "Wah lirik lagumu itu bikin kepalaku cenut-cenut!" kata Iwan Fals. Setelah menjadi lagu, lagu tersebut disimpan dalam laptopnya. Ketika Iwan Fals konser dirumahnya, lagu "Untukmu Terkasih" ikut dinyanyikan hanya dengan gitar akustik sesuai dengan konsepku seperti konsep album "Belum Ada Judul". Gimana menurut teman-teman? Aku mau berbagi saja soal proses pembuatan lagu itu.
-Fajar Budiman- (dicopy dari iwanfals.co.id)

Lagu ini sudah diperkenalkan sejak 2008 di situs resmi Iwan Fals. Dan pertama kali dinyanyikan di layar kaca pada musik special Iwan Fals di Trans7, 14 Maret 2009.

Untukmu Terkasih
Lirik: Fajar Budiman
Lagu: Iwan Fals

Kasih…
Ketika hati, rasa dan jiwa
Serta apa saja yang tersembunyi di dada ini
Mulai tergetar

Karena keindahan matamu
Karena kelembutan senyummu
Karena taburan kasihmu
Justru bayangmu semakin sulit kurengkuh

Sementara
Gelombang rindu
Gelombang kasih sayang terus mengalir
Bagai air dimusim penghujan

Bagai gelombang samudera
Yang mengguncang pantai kehidupan
Hmm…

Kasih ini nyanyian cinta untukmu
Yang entah ada dimana kini
Biar engkau mengerti apa yang terjadi
Dalam hidupku

Kabut sunyi mulai merayap dihati
Bayangmu semakin sulit kucari
Aku tak tahu harus berbuat apa
Angin dan burung-burung pun membisu
Ketika kutanya tentangmu, tentang getaran hatimu
Tentang apa saja yang bertalian dengan jiwamu

Kabut sunyi mulai merayap dihati
Bayangmu semakin sulit kucari
Aku tak tahu harus berbuat apa
Angin dan burung-burung pun membisu
Ketika kutanya tentangmu, tentang getaran hatimu
Tentang apa saja yang bertalian dengan jiwamu
Oohhh…


Musik Special Iwan Fals "Dulu, Sekarang dan Selamanya"
Trans 7 - 14 Maret 2009


original video clip

29 comments:

  1. lagu paling dalam yang dibawakan bang iwan fals....

    ReplyDelete
  2. Ah, lagu ini biasa saja ngga spesial, garing.
    Yaach, lagi2 lagu orang laen yg dinyanyikan, membosankan. Kenape bang? udah nggak bisa berkarya lagi kah? Kita rindu lagu2 orisinil karya abang. Lebih mantab. Kalo terus2an nyanyiin lagu orang laen apalagi cinta2an.. ya wassalam deh

    ReplyDelete
  3. arif aang mustofa16 March, 2009 02:18

    Ass...
    Mana lagu ciptaan Bang iwan sendiri???
    Bosen Lagu Cinta Melulu

    ReplyDelete
  4. lagu nya gw seneng 'kata 'kabut sunyi merayap di hati "



    ...

    ReplyDelete
  5. apapun keadaannya papah iwan ttep yg paling keren

    ReplyDelete
  6. iah lagu orang laen agy yang dnyanyiin....
    bosen bang...mang c saya akuin laguny kena bgt dhati,,, tp itu lagu org bang...
    kami smua kangen sma lagu" yang dbuat abang sndiri.....
    sindir agy bang pemerintah skrng yang krjany makin AMBURADUL.....
    g bs mimpin negara ne....

    ReplyDelete
  7. apapun lagunya jika yang nyanyi iwan fals hati w selalu bergetar walaupun bukan lagu sendiri....

    ReplyDelete
  8. lyricnya dalem banget...dan nggak kacangan..., apalagi di nyanyi'in bang Iwan dengn penuh ekspresi penghayatan di Trans 7, gw sempet merinding...

    ReplyDelete
  9. Hidup Bang Iwan!!
    Teruslah berkarya sampai akhir hayatmu!

    ReplyDelete
  10. kapan trans nyiarin ulang y...........

    ReplyDelete
  11. wahh itu mah kurang mencirikan seorang iwan fals.. mas iwan yang kritis akan gejala-gejala alam dan sosial dan sekalinya membuat lirik cinta itu dengan jujur apa adanya..tapi saya sangat menghargai akan kerja sama mas iwan dengan mas fajar budiman ini..maju terus mas iwan...
    saya Doni Dartafian Amirudin dari leuwiliang-Bogor..

    ReplyDelete
  12. prtama kali gw denger ni lagu d trans7 gw lgsung suka ma ni lagu..mang klo bang iwan yang bawain,,bkin merinding dengenya

    ReplyDelete
  13. Lagu Cinta yang universal....! Klipnya mantap...merasuk ke hati. Sukses trus buat bang iwan...!( udah 24 thn jd fans bang iwan ; ).

    ReplyDelete
  14. apapun yg dinyanyikan bang iwan, semuanya bagus.. baik ciptaan sendiri ataupun org lain.. krn sy yakin bang iwan TIDAK AKAN nyanyi lagu2 yg kacangan!!!

    ReplyDelete
  15. lagu cinta dari seorang IWAN FALS adalah cinta kepada orang-orang marjinal yang tersisihkan.....

    ReplyDelete
  16. lagu terbaru bang iwan sangat menyentuh hati nurani Qu. apalagi di video yang barunya itu sangat luar biasa.

    damai selalu....
    Oi..........................................

    ReplyDelete
  17. biasa aja lagunya klipnya terlalu didramatisir

    ReplyDelete
  18. meskipun lgu bukan ciptaan om iwan sndiri aq tetep senenk.

    cz biar exist trus d VT

    ReplyDelete
  19. gila lagunya bgus bgt apalgi yang nyayiin bang iwan fals,jdnya lbih ngena lgi fill na.... lagu ini bner2 bkin mrinding palagi video klipnya...
    tp kpan nie bang iwan bkin album lagi n lagu2nya karya bang iwan...
    thankz.. terus berkarya ya bang..

    ReplyDelete
  20. Tolong semua yang sudah dengarkan lagu ini mulai berpikir mengenai saling membantu satu sama lain yang dicontohkan pada lagu "Untukmu Terkasih". Marilah kita jangan menilai musiknya dari mana dan kenapa pemusik tidak membawakan musiknya sendiri. Musik itu hanyalah perantara dan penyampaian semata, tetapi intinya adalah yang penting.

    Sesulit-sulitnya hidup ini apabila dibantu maka beban akan menjadi lebih terasa ringan. Janganlah kita menilai semua hal yang untuk kebutuhan masing-masing secara berlebihan, tetapi sesama manusia hiduplah saling membantu.

    Kata-kata, "Jika saja tiap 1 orang berpunya mau membantu 1 orang yang tidak berpunya, niscaya kemiskinan di negeri ini sedikit teratasi" adalah ajakan bagi kita yang penting dari sekedar hanya menonton dan berkomentar. Marilah kita laksanakan kata-kata itu sesuai dengan kemampuan kita.

    Tuhan menciptakan manusia untuk saling mengasihi.

    ReplyDelete
  21. Pakdhe Iwan,TAT TWAM ASI

    ReplyDelete
  22. Apapun Bang Iwan tetap Pahlawanku....inget" Tujuan Bukanlah Utama, Yang Utama adalah Prosesnya "

    ReplyDelete
  23. apapun yg om iwan nyanyiin,(lagu ciptaan om, maupun bukan, lagu cinta' maupun politik) saya suka.. saya bukan cuma suka sma lagu om iwan,,, tapi saya juga suka sama kepribadian om iwan,, om iwan orang yg paling insfiratif bwt saya...

    sukses bwt om iwan

    ReplyDelete
  24. nyanyian indah... :)

    ReplyDelete
  25. Siapapun yang menciptakan lagu, ketika Bung Iwan Mengalunkan nada & petikan gitarnya, bukan arti dari siapa yang mencipta, tapi untuk siapa lagu ini ada, heran saya ketika seorang berbicara lagu ini hanya tentang cinta, coba pahami lebih dalam kawan, mungkin kau tak melihat yang seharusnya

    ReplyDelete
  26. abang bukan nuri yang cuma bisa bernyanyi... abang RAJAWALI!!!

    ReplyDelete
  27. Lagu yang menceritakan tentang kehidupan orang yg tidak berkecukupan sangat" membuat hati saya tersentuh.
    dan juga merasa bangga dan terima kasih pada Bang Iwan dan Pa Fajar Budiman yg sudah mau mengingat ke pada orang yg mampu untuk berbagi ke pada orang yg tidak berkecukupan.
    sekali lagi terima kasih.

    ReplyDelete
  28. Apapun lagunya, klo yg bawain bang Iwan Fals.
    Ga ada duanya.....

    ReplyDelete
  29. Pertama kali mendengar lagu ini justru dari RBT.Waktu itu saya iseng mcl nope seorang teman dan terdengarlah bagian reff lagu Untukmu Terkasih.Wah,liriknya sangat hebat dan seketika langsung merayapi hati,apalagi di dukung suara berat serak Bg Iwan,kerennnnnn!!
    Wah boleh juga tuh Om Fajar kasik tau ane nope Bg Iwan,biar saya mcl2 beliau hahahaha,upssss biar saya bisa kirim kata kata juga,kali aja di buat lagu hihihi...............

    ReplyDelete

IWANFALSMANIA.COM -> 100% Iwan Fals. Ini bukan situs official.
Komentar di iwanfalsmania.com dimoderasi, harap maklum. Asal bukan spam dan keluarganya, pasti komen Anda kita tayangkan :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...