Giliran Bongkar (Lagu Iwan Fals dan Swami) Dijiplak

Sekarang yang sedang jadi pembicaraan hangat diantara penggemar Iwan Fals adalah masalah lagu 'Bongkar' yang dinyanyikan oleh Iwan Fals dan kelompok Swami pada album pertamanya. Lagu itu diaransemen ulang dan dinyanyikan oleh musisi India dengan bahasa mereka. Dan judul lagu itu berubah menjadi 'Oya Oya' yang merupakan soundtrack film India 'Horn Ok Pleassss'.

Masalahnya adalah penggunaan aransemen lagu 'Bongkar' oleh musisi India tanpa persetujuan dari pengarang lagu ini yaitu Iwan Fals dan kelompok Swami juga label yang memayungi album mereka yaitu Airo Records. Dengan kata lain, lagu 'Bongkar' telah dijiplak musisi India. Intro dan reffrain lagu versi India ini benar-benar mirip dengan versi Iwan Fals. Perbedaan hanya terdapat pada bagian kecil dan tentu saja bahasa yang digunakan.

Kita jadi kembali ingat tentang kasus lagu 'Tak Bisakah' milik band Peterpan yang menjelma menjadi 'Kya Mujhe Pyar Hai'. Lagu Peterpan itu dijiplak habis oleh musisi India dan menjadi lagu yang populer serta menduduki puncak tangga lagu cukup lama di India. Namun menurut kabar berita, pihak Musica Studio (label album Peterpan) telah menyelesaikan kasus penjiplakan ini dengan kekeluargaan.

Menariknya lagi, orang yang menyanyikan 'Oya Oya' dan 'Kya Mujhe Pyar Hai' adalah penyanyi yang sama. Dia adalah penyanyi India bernama Kay Kay.

Mengamati kondisi ini, saya jadi berpikir.. mungkinkah musisi-musisi India sedang melakukan 'balas dendam' sebab lagu-lagu mereka juga sering menjadi objek plagiatisme oleh musisi Indonesia terutama lagu-lagu dangdut? (sb - dari berbagai sumber)

Berikut video yang kami ambil dari youtube, silahkan lihat dan bandingkan keduanya.


Iwan Fals & SWAMI - Bongkar (original version)


Kay Kay - Oya Oya (OST Horn Ok Pleassss)

8 comments:

  1. aduh orang india ada ada aja!!
    klo tuh lagu di artiin,kira2 apa ya artinya.....

    ReplyDelete
  2. wah... gimana nih, ciptaan kita mulai dibajak juga..

    ReplyDelete
  3. ku bilang di koyak koyak hahhahaha

    ReplyDelete
  4. Si Kay-kay bener2 kesengsem sama musiknya Bongkar yang bagus tuh,akhirnya dijiplak deeh...

    Terserah deh kalo dia balas dendam jiplak kita, cuman jadi ngenyék kita kalo memang bahasa Indianya di Indonesiain tentang membela dari penindasan pembongkaran begronnya jingrak2 godain cewek...

    ReplyDelete
  5. Setelah dengerin kedua lagu itu, menurut saya Bongkarnya Bang Iwan dan Swami lebih gagah, perkasa, berwibawa, jantan, bernurani, belain rakyat de el-el dibanding Oya Oyanya si Kay Kay (menerut gw cengeng, nggak berwibawa, nggak jantan dan ngumbarin nafsu berahi). Cuma gara-gara manusia-manusia DHANKDUT sering ngejiplak karya lagu2 India, eh bang Iwan yang kena batunya. Makanya, mencipta, mencipta aja, nggak usah pake njiplak2. Malu sikit napa? Emang benar kali ya kalo org bilang di negri kita banyak rampok. bang Iwan yang sabar ya, falsmania juga. Juga pemerintah, tolong situs-situs yang ngasih download gratis mp3-nya bang Iwan segera ditindak dan ditutup, soalnya karya-karya beliau itu bukan kacang gorengan yang harganya murah, meriah, muntah. Beliau ngerjakan itu pake kertas, pulpen, gitar dan kringat. Nggak ada satupun karyanya yang jiplakan spt lagu-lagu si...Anu itu. Tolong yang benar ngurus negara ya. Ismail Nasution

    ReplyDelete
  6. Baru beberapa saja lagu kita yang dibajak sudah heboh. Ngaca dong! penyanyi kacangan kita juga hobi ngebajak lagu dari negara lain. Ini karma.. karma!!!

    ReplyDelete
  7. Asu wong india isanya cman jiplak.
    ayo bang Iwan tuntut jangan diam aja. aku dukung kamu.
    kejahatan harus di berantas

    ReplyDelete
  8. ni dya proyek balas dendam, jd buat kam pencipta lagu kacangan india jgn suka2 jiplak ya,
    tapi klo di dengarin BONGKAR nya Iwan ttp nmr 1, si india BENCONG ABIS, buat manejemen iwan tuntut tuh bibir si india

    ReplyDelete

IWANFALSMANIA.COM -> 100% Iwan Fals. Ini bukan situs official.
Komentar di iwanfalsmania.com dimoderasi, harap maklum. Asal bukan spam dan keluarganya, pasti komen Anda kita tayangkan :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...