Kaum Urbanis

Lagu mengenai para pejuang pencari nafkah di tempat orang. Kaum urbanis namanya, adalah orang-orang yang hijrah mengadu nasib di tanah lain. Lirik yang sederhana dan tidak begitu rumoit dipahami. KPJ menyanyikan dengan irama balada. Dikisahkan perjuangan mencari nafkah di negeri yang penuh peraturan itu tidak mampu merubah kondisi menjadi lebih baik.


Salah Siapa

Lagu karya Richard Kyoto ini mengusung irama musik yang jarang-jarang dinyanyikan Iwan Fals. Nuansa balada kental disini, ditambah lirik lagunya yang memprotes kenyataan yang ada dengan penuh kiasan. Iwan Fals hampir tidak pernah menyanyikan lagu ini dalam konser-konsernya, namun lagu ini pantas menjadi koleksi yang bagus, sebab dikerjakan secara rapi dan mantab....


Suhu

Lagu ini pertama dinyanyikan Iwan Fals dalam konser di Sabuga ITB, 1999. Ini adalah lagu yang dahsyat..!
-------------------
UPDATE: Pada tahun 2010, lagu ini direkam dan dimasukkan dalam album Keseimbangan.

Lirik dibawah ini adalah yang lirik versi awal sebelum direkam dalam album. Lirik lagu 'Suhu' dalam album Keseimbangan ada sedikit penyesuaian kalimat.

Anissa

Lagu ini seharusnya ada di album Iwan Fals “Aku Sayang Kamu” rilis 1986. Mungkin karena liriknya yang terlalu keras maka pihak MUSICA (label Iwan Fals saat itu) tidak berani dan batal menampilkan lagu tersebut. Coba cek dicover album tersebut pada bagian penata musik ada kata Anissa. Nampaknya lagu ini sudah siap dimasukkan kedalam album namun mendadak dianulir. Tetapi lagu ini sempat diputar di stasiun radio di Jakarta sehingga ada yang merekamnya dan akhirnya beredar di kalangan penggemar. Lagu yang berkisah tentang putri kedua Iwan Fals ini pada bagian akhirnya memuat reff dengan lirik dan musik yang sama persis dengan lagu Iwan Fals untuk anak pertamanya, alm. Galang Rambu Anarki.

Sketsa Setan Yang Bisu

Lagu yang berkisah tentang narkoba yang ada dimana mana. Saking banyaknya dan saking susahnya dikontrol, Iwan Fals menyindir pada pemerintah agar sekalian saja narkoba dilegalkan.

Repot Nasi (sami mawon)

Repot Nasi adalah plesetan dari Reformasi. Sami Mawon adalah bahasa 'gaul' untuk sama saja. Lagu ini dinyanyikan Iwan Fals pada acara reuni Oi 10-11 September 2005 di rumahnya di desa Leuwinanggung.


Bunga Kehidupan

Ini adalah lagu yang dinyanyikan secara kroyokan oleh artis-artis penyanyi yang tergabung di Musica record. Pada masa itu lagi booming lagu dengan gaya dinyanyikan rame-rame oleh penyanyi-penyanyi top. Dan Iwan Fals bergabung ikut menyanyikan lagu ini.

Maumere

Ini adalah salah satu lagu yang dibuat Iwan Fals sebagai wujud keprihatinan pada bencana tsunami di Flores. Lagu ini dinyanyikan saat acara lelang untuk amal bagi korban bencana itu.

Pesan Dari Iwan Fals (dalam album 50:50)

Ini adalah pesan yang ditulis Iwan Fals dalam cover album 50:50. Sebuah pesan ucapan terima kasih atas selesainya album yang ditunggu-tunggu penggemar Iwan Fals, serta pesan pesan bijak lainnya tercantum disitu, silahkan disimak.

Negara

Sindiran kepada negara yang tidak mampu melayani kesejahteraan rakyatnya. Lagu dengan irama country ini dinyanyikan Iwan Fals dengan santai. Lirik lirik krtits dan cerdas yang terdapat didalamnya memaksa penyelenggara negara untuk melakukan introspeksi dini. Apa yang sudah diberikan negara kepada rakyatnya.

Bagi Iwan Fals dan bagi rakyat Indonesia, sudah tugas negara untuk menyediakan pendidikan gratis, kesehatan gratis, menciptakan lapangan pekerjaan serta bersikap adil dan tidak memihak golongan tertentu. Inilah syarat mutlak yang harus dilakukan negara. Dan kata Iwan Fals, kalau negara tidak bisa melakukan itu semua, lebih baik bubarkan saja negara ini.


Cemburu

Ini bukan lagu tentang cemburu pada pasangannya. Ini adalah lagu Iwan Fals tentang cemburu kepada alam yang konsisten melakukan tugasnya tanpa pernah mengeluh. Manusia tidak bisa menjadi sabar seperti alam yang tanpa kenal lelah melakukan kewajibannya. Seperti samudera yang mau menampung segala macam benda yang dibuang manusia, atau seperti sang ombak yang selalu bergerak tanpa pernah berhenti. Cemburu model inilah yang bagus, dan semoga dapat kita petik hikmah dari lagu ini.


Yang tercinta

Opick dahulu adalah penyanyi rock yang belakangan berubah total menjadi penyanyi lagu lagu bertema religi. Kali ini dia membuat lagu untuk Iwan Fals. Lagu ini masih bertema cinta. Yang menarik dari lagu ini adalah musiknya yang mendayu-dayu, membuat pendengarnya lekas mengantuk dan memang cocok sebagai lagu pengantar tidur.


Tak Pernah Terbayangkan

Pongky membuat lagu lagi untuk Iwan Fals, seakan dia ingin mengulang sukses lagu karyanya yang berjudul Aku Bukan Pilihan yang dinyanyikan Iwan Fals. Tetapi nasib lagu ini tak sebaik lagu karya Pongky sebelumnya. Lagu ini kurang menarik pendengar. Mungkin mereka sudah jenuh mendapati Iwan Fals pada masa ini suka menyanyikan lagu cinta karya orang lain.


Ini Bukan Mimpi

Lirik lagu ini terdapat dalam album 50:50 yang edar pada tahun 2007. Pertama mendengarkan album ini aku kurang begitu bersemangat. Seperti titelnya yang mengusung tema separuh-separuh dengan maksud separuh lagu dibuat oleh Iwan Fals dan sisanya dari orang lain, menjadikan album ini terkesan ‘dipaksakan’. Dan tentu saja yang pertama kudengar dan kuputar berulang kali adalah lagu-lagu yang dibuat oleh Iwan Fals.

Pulanglah

Lagu ini dinyanyikan pertama kali oleh Iwan Fals pada 8 Desember 2004 dihalaman kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI). Lagu ini khusus dibuat oleh Iwan Fals untuk perjuangan dan jasa-jasa kemanusiaan Almarhum Munir Said Thalib yang tewas dibunuh.

Tokoh pejuang HAM Indonesia Munir Said Thalib yang tewas dibunuh pada 2004 dengan konspirasi tingkat tinggi menggugah Iwan Fals untuk membuat lagu. Lagu Pulanglah yang terdapat dalam album 50:50 (2007) dipersembahkan untuk perjuangan Munir.

Hingga saat ini pembunuh Munir dan dalangnya tidak jelas kita ketahui, dan sampai tulisan ini diterbitkan, proses pengadilan masih berjalan. Beberapa pejabat yang berwenang seperti lepas tangan dan saling bungkam juga saling melindungi. Beberapa orang yang telah ditangkap dan diadili terkesan hanya sebagai tumbal. Entah apa motif dibalik pembunuhan ini yang melibatkan kepentingan tertentu. Tapi jangan lupa, sepandai-pandainya menyembunyikan bangkai, suatu saat baunya pasti tercium.

Ada versi live concert - nya yang bisa dijenguk di: http://www.kontras.org/munir/index.php )  

Masih Bisa Cinta

Dewiq adalah nama seorang yang rajin membuat lirk lirik lagu berkualitas. Karya karyanya banyak dinyanyikan penyanyi terkenal. Seperti lagu Masih Bisa Cinta ini yang dinyanyikan oleh Iwan Fals. Rangkaian kata yang ditulis oleh Dewiq cukup sederhana dan mudah dipahami, mungkin itulah sebabnya karya Dewiq terpilih menjadi lagu oleh Iwan Fals.

Apakah Aku Benar - Benar Memiliki kamu

Lagu ini karya Digo. Digo adalah mantan ketua Ormas Oi dan dia pernah menjadi bagian dari band pengiring Iwan Fals. Kita bisa mendengarkan petikan gitarnya dalam album Suara Hati dari Iwan Fals. Kali ini Digo membuatkan lagu untuk Iwan Fals bertema tentang percintaan.


Ikan - Ikan

Iwan Fals memang punya akuarium berisi ikan ikan kecil. Itulah yang pernah saya lihat ketika berkunjung kerumahnya beberapa tahun yang lalu. Rupanya dari akuarium itu lahirlah inspirasi membuat lagu ini. Perilaku kehidupan binatang memang kerap mirip dengan kehidupan manusia.

Lagu ini kisahnya tentang ikan yang besar memangsa ikan yang kecil. Begitulah yang terjadi dalam kehidupan kita, orangbesar menindas orang kecil. Keadaan ini sudah dari jaman dahulu kala dan tidak akan pernah berakhir. Hanya orang kecil yang cerdas saja yang mampu menghindari keganasan orang besar yang jahat.

KaSaCiMa

Judulnya unik menarik perhatian. KaSaCiMa, adalah singkatan dari kata : Kasihku, Sayangku, Cintaku dan Manisku. Iwan Fals suka membuat singkatan singkatan dalam lagu-lagunya. Lagu ini berupa lagu ungkapan rasa cinta kepada kekasihnya. Pesan bagus dalam lagu ini saya dapatkan pada bait 'hidup ini indah berdua semua mudah'

Lingkaran Hening

Susah memaknai lagu ini, namun setidaknya ada sedikit point yang bisa ditangkap. Yaitu tentang keheningan. Dalam kondisi hening seakan tidak ada batasan waktu. Semuanya seperti melayang tak tentu arah. Jabo menulis lirik ini yang dinyanyikan Iwan Fals dengan sempurna. Musik yang indah, karakter vocal yang kuat.


Puisi Gelap

Ini adalah puisi karya Sawung Jabo yang dibacakan Iwan Fals. Puisi gelap judulnya segelap kalimat-kalimat yang dituangkan didalamnya. Iwan Fals hanya membacanya dengan nada kesdihan dan diiringi sayup-sayup musik yang terdengar angker dan menakutkan. Puisi tentang kematian atau akhir kehidupan dari tingkah laku buruk manusia...


Karena Kau Bunda Kami

Lagu-lagu bertema Ibu banyak sekali kita jumpai. Kelompok Dalbo juga membuat lagu bertema tentang Ibu. Ibu dalam lagu ini bisa memiliki dua arti. Yang pertama adalah ibu kandung, manusia yang melahirkan dan membesarkan kita. Makna kedua adalah ibu sebagai tanah air, tempat kita lahir dan hidup.

Dalam lagu ini kita bisa mengambil posisi sebagai anak seorang ibu manusia, atau sebagai anak dari bumi pertiwi. Ini adalah lagu yang bagus liriknya dan dinyanyikan dengan bersama-sama mirip sebuah koor namun cukup menjiwai dan memberi semangat.


Dunia Binatang

Memang paling mudah menyamakan perilaku buruk manusia dengan binatang. Seperti lagu ini yang coba menyamakan manusia jahat sifatnya seperti binatang macan atau ular. Saling memangsa antar sesamanya demi mencapai tujuan yang sebenarnya hanya untuk sesaat. Itulah kehidupan tanpa moral yang ditanam, maka akan melahirkan manusia-manusia tanpa tujuan jelas hanya mencari kesenangan sesaat.


Bidadari Senjakala

Seringkali sebuah lirik lagu susah dipahami. Antara satu orang dengan orang yang lain bisa mempunyai pemahaman yang berbeda terhadap sebuah lirik lagu yang sama. Pada lagu ini banyak penafsiran yang beragam. Antara lain lagu ini bermakna tentang kebesaran Tuhan, pemahaman lain yaitu tentang kerinduan pada sosok perempuan. Lainnya lagi berkata ini cerita mengenai malaikat. Saya tidak tahu mana yang benar. Dan tentu saja penulis liriknya pasti bisa memberi penjelasan.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...