Demokrasi Nasi

Ini adalah salah satu lirik lagu Iwan Fals yang menjadi kontroversial. Pada bulan April tahun 1984 Iwan Fals harus berurusan dengan aparat keamanan dan sempat diinterogasi selama 2 minggu gara-gara menyanyikan lirik lagu ini bersama lagu-lagu berlirik keras lainnya pada sebuah konser di Pekanbaru

Menurut pihak keamanan, lagu semacam ini dianggap dapat mengganggu stabilitas. "Aparat keamanan nyuruh aku bikin lagu seperti lagunya Rinto Harahap dan A. Riyanto. Ya jelas dong, nggak bakalan laku!", ujar Iwan Fals sambil menyibak rambutnya. (petikan jawaban Iwan Fals diambil dari sini)

Pada masa itu disaat banyak penyanyi lain lebih memilih jalur cinta, Iwan Fals justru sangat berani ‘menantang’ lewat lirik-lirik lagunya yang pedas dan membuat penguasa saat itu berusaha ‘mendidik’ Iwan Fals. Lagu ini selain pernah dibawakan pada konser-konser, juga pernah diputar di sebuah stasiun radio amatir. 

Dan karena kejadian ini, maka muncullah lagu berjudul 14-4-84 yang ada di album Ethiopia. Sebuah lagu tentang kegelisahan Iwan menghadapi peristiwa ini.





Demokrasi Nasi
Iwan Fals (1978)



Ada lagi sebuah perkara
Tentang nyawa manusia
Kisah ini memang sudah lama
Tapi benar terjadi


Anak seorang menteri
Membuat onar lagi
Menembak sampai mati
Kok nggak ada sangsi?


Tentu tak sesuai dengan undang-undang
Di negeri ini yang katanya demokrasi


Lain lagi dengan orang biasa
Bila mereka curiga
Langsung masuk penjara
Tanpa bukti nyata


Mengapa?
Mengapa?


Undang-undang tampaknya sakit perut
Tuan tolong panggilkan dokter ahli
Untuk Indonesia yang sisa hidupnya
Mungkin terkena wabah kolera


Undang-undang tampaknya sedang sakit
Tuan tolong panggilkan dokter ahli
Untuk Indonesia
Mungkin terkena wabah selesma


(terima kasih untuk Doel)

15 comments:

  1. q mo download lagu di mana ya yang gampang????

    ReplyDelete
  2. @atas gw,
    donlot? BELI goblok ! Maunya gratisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehh goblog, tolol.
      tidak di jual bebas,
      cuma bisa di download.
      hargain karya ANAK BANGSA, tolol
      kalau gkk di hargai hajar loe samA anak Oi

      Delete
    2. LOE YANG GOBLOG,..
      TANYA SENDIRI JAWAB SENDIRI,..
      DASAR GHENDHENG LOE,..

      Delete
  3. pale lu! hargain karya ANAK BANGSA, tolol

    ReplyDelete
  4. santai aja boss. gw mau beli tp dmana??

    ReplyDelete
  5. Beli aja yang bajakannya di pinggir jalan,....cuma 5000an satunya.....ga donlod, tp kan uda beli

    ReplyDelete
  6. di loakan banyak

    ReplyDelete
  7. maaf kalo beli bajakan sama aja ga menghargai karya :)

    ReplyDelete
  8. Lagu ini sepertinya gak dikomersilkan ma bang Iwan, itu berarti di ikhlasin mau di bajak berapa kali pun dan di download berapa kali pun GPP, insya Allah. :) Kalau mau beli yg ORI dijamin gak bakal nemu wong lagu ini ja dilarang beredar. Makanya adanya ya cuma download itu pun dengan kualitas suara yang jelek.

    Hayo sekarang siapa yang paling GUOBLOG di atas.

    ReplyDelete
  9. yang goblok yang gmw produksi cba lagunya di produksi jadi ga ribut hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. LOE YANG GOBLOG,..
      TANYA SENDIRI JAWAB SENDIRI,..
      DASAR GHENDHENG LOE,...

      Delete
  10. lagu itu gak boleh beredar coz waktu itu gara gara lagu ini bang iwan kena masalah

    ReplyDelete

IWANFALSMANIA.COM -> 100% Iwan Fals. Ini bukan situs official.
Komentar di iwanfalsmania.com dimoderasi, harap maklum. Asal bukan spam dan keluarganya, pasti komen Anda kita tayangkan :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...