Seperti Matahari

Inilah salah satu lagu Iwan Fals yang saya sukai. Lagu penyemangat hidup mengajak kita menjadi orang yang murah hati, mudah memberi tanpa berharap imbalan. Lagu ini mengajarkan kita agar dapat lebih mengatur diri, membatasi diri dari segala keinginan. Sebab keinginan yang banyak adalah sumber penderitaan. Kita akan menderita bila terlalu terobsesi dengan sebuah keinginan namun tidak dapat mencapainya. Dan diakhir lagu Iwan Fals mengatakan 'memberi itu terangkan hati, seperti matahari yang menyinari bumi'


Cik

Dulunya saya kira 'cik' adalah panggilan Iwan Fals kepada istrinya. Ternyata 'cik' dalam lagu ini adalah singkatan dari Calon Istriku. Lagu ini rupanya berkisah tentang Iwan Fals saat belum menikah, menaruh sejuta harapan bagi keduanya kelah setelah berumah tangga. Tapi membaca liriknya kok saya kurang asik. Masih calon istri kok sudah ciuman bibir, kan belum sah menjadi muhrim.. Semoga ini hanya didalam lagu saja, tapi saya tidak tahu apakah memang begitu.


Besar Dan Kecil

Lagu yang mengisahkan perbedaan antara rakyat jelata dengan kaum berada. Rakyat biasa diumpamakan sebagai bemo atau sandal jepit, kemudian kaum berada laksana bis kota atau truk gandengan. Karena kalah besar dan kalah kuasa, maka yang besar dengan semena-mena menindas yang kecil. 


Ada

Lagu ini hanya mengulang ulang bait yang didominasi kata 'Ada'. Seorang kawan bercerita kalau lagu ini adalah pengalaman Iwan Fals saat merasakan suasana mistik didalam kesendiriannya. Kata kawan itu lagu ini terinspirasi ketika saat itu Iwan Fals suka diganggu makhluk halus dirumahnya.. hehehe.. Ada Ada Saja.


Ya Atau Tidak

Lirik lagu ini berkisah seputar rayuan Iwan Fals kepada kekasihnya yang mungkin saat itu lagi ngambek dan puasa bicara. Setelah dirayu sedemikian rupa masih saja tidak berhasil membuatnya bicara. Dan diakhir lirik, Iwan Fals menegaskan kalau dia lelaki tulen. Lagu ini lumayan cakep deh...

Nona

Sepertinya menjadi sebuah kewajiban dalam sebuah album mesti menyelipkan lagu bertema cinta. Lagu Nona ini bagus liriknya. Iwan Fals bertutur tanpa banyak kosa kata yang rumit. Lagu-lagu cinta seperti ini yang saya suka apalagi irama musiknya juga pantas tersemat bergandengan dengan lirik lugasnya.


Ancur

Lagu berlirik kocak ini dibuat oleh Aziz MS, salah satu motor grup band Jamrud yang memang identik dengan lagu-lagu berlirik kocak dan sedikit kotor. Walhasil Iwan Fals mampu menyanyikan lagu ini dengan gayanya sendiri tanpa sedikitpun membuang karakter ceplas ceplos khas Jamrud. 

Silahkan simak liriknya yang penuh dengan kata-kata kotor namun masih terkontrol dan tidak terlalu polos. Lagu tentang kekecewaan seseorang yang ditinggal kawin kekasih hatinya dengan seorang duda. Dia kecewa dan bersumpah mendoakan si duda yang telah merebut kekasihnya itu tidak selamat.

Jangan Tutup Dirimu

Bagoes AA membuat lagu bagus untuk Iwan Fals. Lagu Jangan Tutup Dirimu dinyanyikan dengan merdunya oleh Iwan Fals. Lagu percintaan antara sepasang manusia ini memiliki lirik-lirik yang indah. Tetapi kalau mau kita perdalam memahami maknanya, lagu ini bisa menjadi sebuah lagu tentang ungkapan cinta dan harapan seorang manusia terhadap Yang Maha Pencipta.


Pesawat Tempurku

Mau tahu Iwan Fals sebagai seorang rocker sejati? Rasanya lagu ini pantas mewakili. Ini adalah lagu yang benar-benar berkarakter rock. Musiknya rock, vocal Iwan Fals juga super rock, tidak cempreng bahkan cenderung gahar.

Lirik lagunya juga bukan lirik picisan. Iwan Fals membawa pesawat tempur dalam lagu ini sebagai gambaran pada kekasihnya. Lagu ini juga pernah dipakai sebagai salah satu soundtrack sebuah film layar lebar berjudul Serigala Terakhir pada tahun 2009.


Rinduku

Ini adalah lagu karya Harry Roesli yang dinyanyikan Iwan Fals. Seingat saya kang Harry dulu sempat mau diajak bergabung dengan kelompok Swami, namun tidak jadi. Pada lagu ini berkisah mengenai perasaan rindu seseorang pada sang kekasih. Kekasih disini yang dimaksud adalah lawan jenisnya. Lagu bertema cinta ini dinyanyikan Iwan Fals dengan merdu.

Lagu ini awalnya ada dalam album In Collaboration tahun 2003. Kemudian diaransemen ulang dan digabung dalam album In Love tahun 2005.


Untuk Yani

Dalam lagu Untuk Yani di album Cikal (1991), nama ini hanya terdapat dalam judulnya saja. Tidak banyak yang mengenal tokoh ini. Sebuah informasi mengatakan bahwa Yani bernama Arahmaiani, seorang aktifis peduli lingkungan hidup. Dia juga seorang senirupa instalasi art ITB.

Yakinlah

Iwan Fals duet dengan penyanyi bersuara emas, Elly Sunarya. Sebuah lagu bertema cinta namun bias. Berkisan mengenai lagu yang dinyanyikan kepada pasangannya, namun dia takut menyakiti telinga pasangannya apabila mendengarkan lagunya.

Iwan Fals memainkan nada-nada tinggi dalam lagu ini. Vocalnya begitu lepas dan bebas.

Hatta

Banyak orang yang kagum dengan figur Bung Hatta. Salah satu proklamator kemerdekaan Indonesia bersama Soekarno tahun 1945. Figur Bung Hatta dikenal dengan kejujuran dan kesederhanaannya, inilah yang membuat Iwan Fals begitu kehilangan panutan ketika Bung Hatta meninggal dunia. Iwan Fals menghormati beliau dengan membuatkan sebuah lagu yang begitu syahdu untuk mengenang kebijaksanaan beliau setiap mengambil keputusan. 

Simak kutipan lirik "hujan air mata dari pelosok negeri, saat melepas engkau pergi".... ini menandakan Bung Hatta begitu dicintai rakyat Indonesia. Jujur dan Sederhana, dua kata kunci ini yang bagi pejabat sekarang entah pergi kemana. Jujur dan Sederhana.... satu dua sih ada... tapi saya tidak menemukan pada kebanyakan pejabat sekarang. Yang saya tahu pejabat negara sekarang mulai kelas lurah sampai presiden diragukan kejujurannya karena mereka suka sekali dengan uang, dan klaim kesederhanaannya dikalahkan dengan mobil mewah fasilitas negara yang dia tumpangi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...