Biografi Iwan Fals

Biografi Iwan Fals

Biografi Iwan FalsAku lahir tanggal 3 September 1961. Kata ibuku, ketika aku berumur bulanan, setiap kali mendengar suara adzan maghrib aku selalu menangis. Aku nggak tau kenapa sampai sekarang pun aku masih gambang menangis. Biar begini-begini, aku orangnya lembut dan gampang tersentuh. Sebagai contoh, menyaksikan berita di televisi yang memberitakan ada orang sukses lalu medapatkan penghargaan atas prestasinya, aku pun bisa menangis. Melihat seorang ibu yang menunjukkan cinta kasihnya pada anaknya, juga bisa membuat aku tersentuh dan lalu menangis.

Bicara perjalanan karir musikku, dimulai ketika aku aktif ngamen di Bandung. Aku mulai ngamen ketika berumur 13 tahun. Waktu itu aku masih SMP. Aku belajar main gitar dari teman-teman nongkrongku. Kalau mereka main gitar aku suka memperhatikan. Tapi mau nanya malu. Suatu hari aku nekat memainkan gitar itu. Tapi malah senarnya putus. Aku dimarahi.

Sejak saat itu, gitar seperti terekam kuat dalam ingatanku. Kejadian itu begitu membekas dalam ingatanku.

Dulu aku pernah sekolah di Jeddah, Arab Saudi, di KBRI selama 8 bulan. Kebetulan di sana ada saudara orang tuaku yang nggak punya anak. Karena tinggal di negeri orang, aku merasakan sangat membutuhkan hiburan. Hiburan satu-satunya bagiku adalah gitar yang kubawa dari Indonesia. Saat itu ada dua lagu yang selalu aku mainkan, yaitu Sepasang Mata Bola dan Waiya.

Waktu pulang dari Jeddah pas musim Haji. Kalau di pesawat orang-orang pada bawa air zam-zam, aku cuma menenteng gitar kesayanganku. Dalam perjalanan dalam pesawat dari Jeddah ke Indonesia, pengetahuan gitarku bertambah. Melihat ada anak kecil bawa gitar di pesawat, membuat seorang pramugari heran. Pramugari itu lalu menghampiriku dan meminjam gitarku. Tapi begitu baru akan memainkan, pramugari itu heran. Soalnya suara gitarku fals. "Kok kayak gini steman-nya?" tanyanya. Waktu itu, meski sudah bisa sedikit-sedikit aku memang belum bisa nyetem gitar. Setelah membetulkan gitarku, pramugari itu lalu mengajariku memainkan lagu Blowing in the Wind-nya Bob Dylan.

Biografi Iwan FalsWaktu sekolah di SMP 5 Bandung aku juga punya pengalaman menarik dengan gitar. Suatu ketika, seorang guruku menanyakan apakah ada yang bisa memainkan gitar. Meski belum begitu pintar, tapi karena ada anak perempuan yang jago memainkan gitar, aku menawarkan diri. "Gengsi dong," pikirku waktu itu. Maka jadilah aku pemain gitar di vokal grup sekolahku.

Kegandrunganku pada gitar terus berlanjut. Saat itu teman-teman mainku juga suka memainkan gitar. Biasanya mereka memainkan lagu-lagu Rolling Stones. Melihat teman-temanku jago main gitar, aku jadi iri sendiri. Aku ingin main gitar seperti mereka. Daripada nggak diterima di pergaulan, sementara aku nggak bisa memainkan lagu-lagu Rolling Stones, aku nekat memainkan laguku sendiri. Biar jelek-jelek, yang penting lagu ciptaanku sendiri, pikirku.

Untuk menarik perhatian teman-temanku, aku membuat lagu-lagu yang liriknya lucu, humor, bercanda-canda, merusak lagu orang. Mulailah teman-temanku pada ketawa mendengarkan laguku.

Setelah merasa bisa bikin lagu, apalagi bisa bikin orang tertawa, timbul keinginan untuk mencari pendengar lebih banyak. Kalau ada hajatan, kawinan, atau sunatan, aku datang untuk menyanyi. Dulu manajernya Engkos, yang tukang bengkel sepeda motor. Karena kerja di bengkel yang banyak didatangi orang, dia selalu tahu kalau ada orang yang punya hajatan.

Di SMP aku sudah merasakan betapa pengaruh musik begitu kuat. Mungkin karena aku nggak punya uang, nggak dikasih kendaraan dari orang tua untuk jalan-jalan, akhirnya perhatianku lebih banyak tercurah pada gitar. Sekolahku mulai nggak benar. Sering bolos, lalu pindah sekolah.

Aku merasakan gitar bisa menjawab kesepianku. Apalagi ketika sudah merasa bisa bikin lagu, dapat duit dari ngamen, mulailah aku sombong. Tetapi sesungguhnya semuanya itu kulakukan untuk mencari teman, agar diterima dalam pergaulan.

Suatu ketika ada orang datang ke Bandung dari Jakarta. Waktu itu aku baru sadar kalau ternyata lagu yang kuciptakan sudah terkenal di Jakarta. Maksudku sudah banyak anak muda yang memainkan laguku itu. Malah katanya ada yang mengakui lagu ciptaanku.

Sebelum orang Jakarta yang punya kenalan produser itu datang ke Bandung, aku sebetulnya sudah pernah rekaman di Radio 8 EH. Aku bikin lagu lalu diputar di radio itu. Tapi radio itu kemudian dibredel.

Setelah kedatangan orang Jakarta itu, atas anjuran teman-temanku, aku pergi ke Jakarta. Waktu itu aku masih sekolah di SMAK BPK Bandung. Sebelum ke Jakarta aku menjual sepeda motorku untuk membuat master. Aku tidak sendirian. Aku bersama teman-teman dari Bandung: Toto Gunarto, Helmi, Bambang Bule yang tergabung dalam Amburadul.

Biografi Iwan FalsKami lalu rekaman. Ternyata kasetnya tidak laku. Ya, sudah, aku ngamen lagi, kadang-kadang ikut festival. Setelah dapat juara di festival musik country , aku ikut festival lagu humor. Kebetulan dapat nomor. Oleh Arwah Setiawan (almarhum) lagu-lagu humorku lalu direkam, diproduseri Handoko. Nama perusahaannya ABC Records. Aku rekaman ramai-ramai, sama Pepeng (kini pembawa acara kuis Jari-jari, jadi MC, dll), Krisna, dan Nana Krip. Tapi rekaman ini pun tak begitu sukses. Tetap minoritas. Hanya dikonsumsi kalangan tertentu saja, seperti anak-anak muda.

Akhirnya aku rekaman di Musica Studio. Sebelum ke Musica, aku sudah rekaman sekitar 4 sampai 5 album. Setelah rekaman di Musica itu, musikku mulai digarap lebih serius. Album Sarjana Muda, misalnya, musiknya ditangani Willy Soemantri.

(diambil dari iwanfals.co.id)



Biografi Iwan FalsIWAN FALS

Nama asli: Virgiawan Listanto
Nama populer: Iwan Fals
Nama panggilan: Tanto
Tempat tgl. lahir: Jakarta, 3 September 1961
Alamat sekarang: Jl. Desa Leuwinanggung No. 19 Cimanggis,
Bogor Jawa Barat - Indonesia



Pendidikan:
SMP 5 Bandung,
SMAK BPK Bandung,
STP (Sekolah Tinggi Publisistik, sekarang IISIP),
Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Orang tua: Lies (ibu), alm. Sutopo (ayah)

Isteri: Rosanna (Mbak Yos)

Anak:
Galang Rambu Anarki (almarhum)
Anissa Cikal Rambu Basae
Rayya Rambu Robbani

Hobi: sepakbola, karate

iwanfalsmania.com 100% Iwan Fals

133 comments:

  1. assalammuallaikum wr wb

    saya adalah fans berat iwan Fals
    saya hanya ingin menyampaikan koment.
    saya sangat berharap bang Iwan tetap eksis.. dan yang pastinya terus ciptakaan lagu-lagu....(tidak mesti lagu cinta)
    mungkin yang bersifat mengkritik dunia kepemerintahaan kita,,membangun moral bangsa kita,,,
    kan para pejabat malu....
    klo ga malu juga berarti mereka bukan manusia...
    tetapi makhluk yang ingin menjerumuskan Bangsa ini....
    Negara kita adalah salah satu Negara terkayakan di Dunia(tapi dulu)sekarang ga tau..!!

    saya akan selalu memberikan comment buat bang Iwan Fals...

    (Getas Budi Sasono)
    E_mail: oemarbakrie_spd@yahoo.com

    ma'af bang Iwan judul lagunya saya pakai untuk nama E_maiL saya....

    wassallam....

    ReplyDelete
  2. Oi...
    Bang Iwan, ane dewi nak kemayoran (tetangga'y BANG BEN'S) He... He...

    Pa Kabar nii Bang Iwan???
    mudah2an bae2 de smuanye...

    ane punya bbrp lagu, ciptaan ane sndiri... ane mo jual nii !!!
    Bang Iwan kra2 mau gga???

    lagu'y sii MSSS (masih sangatt sederhana sekali) hehhehe
    tapi dijamin asyik (mnurut ane)...
    gga tau klu mnurut Bang Iwan...

    mau' yaa Bang ?!
    buat nebus ijasah nii...

    oke de..
    thx berat nii Bang,
    salam damai selalu Oi
    and suxex selalu buat Bang Iwan dan keluarga.

    ReplyDelete
  3. thank, mas....
    lama sudah aku cari berita tentang legenda hidup ini... maaf yah mas dimana bisa dapat lagu(mp3)nya bang iwan, pingin download tapi g tau alamatnya..oh iya aku sempat upload konsernya bang iwan di palu Http://Youtube.com

    NURZAIN
    Palu, Sulawsi tengah...

    ReplyDelete
  4. assalamualaikum bg iwan..
    saya merupakan falsmania dari malaysia..
    untuk makluman, lagu2 bg iwan sangat sukar diperolehi disini, mungkin disebabkan lagu2 tersebut bisa membuatkan pemerintah disini tidak senang duduk maka lagu2 bg iwan tidak dibenarkan masuk kesini.. jd saya sangat2 berharap agar bg iwan dapt terus menghubungi saya melalui email loqpi@yahoo.com untuk sebarang informasi terkini.. sekian..
    reformasi!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. MUNGKIN ANDA BOLEH DAPAT LAGU BANG IWAN DG CARA DOWNLOAD VIA YOUTUBE / 4SHARED.COM

      Delete
  5. **assalammuallikum warahmatullahi wabarokaatuuh,.,.,

    **Bang Iwan ane yoda yadoet anak Pash*boer pramuka mo nambahin koment tuk Bang Iwan.,.,

    **Bang iwan.,.kan banyak lagu2 nya membuat orang senang..sedih.,ya pokoknya bisa bikin semangat lagi.,.kalau bisa lagu-lagu pilahan,.,.,bisa di buat FILM-FILM PENDEK begitu.,.,itukan bisa di lihat dan di dengarkan juga bisa mengkoreksi diri seseorang.,.

    ** itu aja dari ane Bang Iwan,.,.semogabisa di jalan kan bersama kru-kru Bang Iwan.,,

    **terima kasih**

    **salam dari OI Pash*Boer jaktim Pramuka**yadoet@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  6. bang,, saiia aby,,, saya suka banget sama lagu2 nya,,,, sampai2 say punya cita-cita pengen due3t bareng sam abang,, hehehehe

    maaf yah bang,,, saya make nama belakan abang buat nama tenar saya,, sakin ngfans nya bang,,,, hehehe


    abayFals

    ReplyDelete
  7. Bang "Tanto" saya chah engkrexs The-gal.
    cuma pengen abang sering tampil LIVE!!!!! dilayar TV biar aye bisa liat bang iwan yang selalu gagah. kenapa yang jalan hidupku selalu ada di sairlagu2nya bang tanto. udah seperti ikatan batin. bner2 ga ada tandingannya saaaaaaaallllllllllllllluuuuuuuuuuuttttttttttttt abiz?

    ReplyDelete
  8. baAnG IwaN kLuaR LAgI DuNk & TuNjUkIn ma dUnIA BaHwa sEbEnaRnyaa AbaNg MAmPue tUk sLAlU jaDi iNsPiRAsI dI DuNia nIe saMpaI aZaL MeNjEmPuTmUe..

    ReplyDelete
  9. aslmkm.......
    bang,, kapan neh manGgung di bogor kota??

    ReplyDelete
  10. buat kawan-kawan oi se indonesia..
    kunjungi blog kami ya...
    http://oipemanjat.blogspot.com/......

    ReplyDelete
  11. lagu2 mas iwan banyak memotifasi saya untuk jalani hidup ini, terima kasih
    mas iwan dilahirkan di dunia ini

    ReplyDelete
  12. ass...wr...wb...
    saya adalah salah satu jutaan orang yang sangan ng fans bnget sama bang iwan...
    setiap malam menjelang tidur sy selalu pasang headset sampai tertidur pulas de nina bobokan lagu2 kang iwan...terus berkarya..SUKSES GOD bless U!!!!!

    ReplyDelete
  13. saya rizki pengemar nya bang iwan kemarin waktu konser di kendari saya senang sekali krena dapat denger langsung lagu2 dari bang iwan. moga ada waktu ketemu lagi di lain tempat. teruslah berkarya bang....
    hidup Oi
    awalfindyr@yahoo.com

    ReplyDelete
  14. assalammualaikum....

    saya andri, fans berat bang iwan....
    kapan neh konser lgi di cirebon??
    semua fans OI di cirebon selalu nunggu kehadiran bang iwan.

    salam sejahtera dari OI cirebon...
    hidup OI, teruslah berkarya untuk tanah air tercinta.

    ReplyDelete
  15. asalamualaikum wr.wb
    salam kenal,kami dari anak oi serdadu sunter jakarta utara...
    saya berharap kpd bang iwan semoga sehat selalu,..dan bisa berkata kawan apa kabarmu...dan kawan di mana kamu..oya bang iwan kirim email donk ke alamat face book kami...dari anak sunter ni face book saya regay_coll@yahoo.com

    ReplyDelete
  16. asalamuaikum wr.wb
    salam bangsa ,saya sisiwa pelajar kelas 2 sma yang dari kecil udah suka sama lagu-lagunya bang iwan fals yang the legend..
    waktu dulu saya sering mendengar mamang saya karna kebetulan saya orang bandung ..pada zaman itu saya sering diajak jadi vokalis vokalisan karna umur saya yang masih kecil itu,
    tapi kecintaan saya kepada bang iwan tak sampe disitu sampe sekarang ,kalo punya pacar harus di tes dulu lagunya bang iwan ,kalo lulus berarti boleh jadi pacar saya ,tapi kalo anggak nya wayahna teu aya toleransi..
    begitu kecintaan saya kepada karya2 bang iwan yang membuat saya begitu kecanduan !!

    tapi ko bang iwan blom pernah sii manggung dibandung???

    padahal saya pengen liat lho,soalnya setiap konser bang iwan di jakarta saya blom dapet persetujuan dengan bapak saya bila harus pergi kesana sendiri...

    ni email saya yumi.hanifah@yahoo.com

    ReplyDelete
  17. Assalam'mualaikum

    Saya ucapkan terimakasih buat bang Syafq

    Bersatulah O1!!!

    ReplyDelete
  18. gua kagak punya komentar apa2 buat bang iwan, gua, anak gua dan istri gua udah kehabisan kata2 untuk berbicara soal bang iwan................
    yg kami tahu di setiap kata2 dalam nyanyian bang iwan...selalu sama dengan isi hati kami..orang indonesia yg benar merasa bertumpah darah indonesia, ibu pertiwi kami.....

    then must anto
    antornr@yahoo.co.id
    081389588895 / 02132917671

    ReplyDelete
  19. bang iwan slm sebangsa &csetanah air ..... Bang saya sangat suka karya2 abang .. Karya2 abang semuanya kreatif .. bang saya mau nanya ni bagaimana cara abang dalam menyiptakan karya karya yang bagus ??? Bang apakah saya bisa seperti abang, menjadi seorang musisi ??? apakah hal tersebut tidak mustahil bagi saya ???

    ReplyDelete
  20. slm kenal bang iwan aye jalu dipulo kambing
    engga tau kenape ye dari kecil kayanya lagu-lagu ame liriknya bang iwan nempel gitu dihati aye.aye juga masih kecil ada mirip-miripnya ama bang iwan tapi sayangnya nasib kita yang berbeda.saya mao nanya bang apakah saya bisa ngikutin jejak bang iwan sebagai seorang musisi yang terkenal.ya mudah2an aje aye gak bisa...........

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum Bang Iwan
    aku Aan 21 M,di palembang.Bang aku ngefans banget sama Abang.setiap kali dengar lagu2 nya Abang jiwa serasa bergetar.Abang adalah inspirasi dalam hidup aku n impian terbesar dalam hidup aku sekarang adalah bisa ketemu langsung dengan Abang.Good luck bang....

    ReplyDelete
  22. assalamualaikum bang iwan fals
    aye ijal dipulogadung.ga tau nape ye aye stiap dengar lagu-lagu abang hati aye kok damai&tentram bgt lagu-lagu ama kehidupan abang yang bikin aye damai stiap aye diomelin ame ortu/kakak,trus aye langsung dengerin kaset celoteh2 wah bang langsung hati aye tentram bgt.sekali lagi trimakasih bang atas inspirasi abang yang dah bang muat kedalam album2 yang bang terbitkan.sukses trus bang iwan........
    salam kenal ijal fals(OI CEKAK)

    ReplyDelete
  23. rinaldi kaum kusam10 September, 2009 09:19

    assalamualiakum....
    salam OI
    setelah saya baca perjalannan hiup abang, saya suka dan tertarik untuk jadikan pelajaran dalam hudup saya, saya ingin nenjadi orang yang sukses dlm menjalani hidup walupun bukan didunia seni yang seperti abang jalani.tapi saya juga gk mau sukses karna uang KKN, saya ingin sukses dengan keahlian dan kemampuan yang saya bisa,setelah berhasil saya saya ingin membalas budi kedua orang tua saya n membalsa budi semua orang yang pernah berbuat baik kepada saya walupun iya hanya memberi seteguk air putih ketika saya haus....(insya allah)

    ReplyDelete
  24. salam oi bang
    ini aku bolong dari bali
    kapan lagi maen ke bali bang?
    aku pingin bamget nonton konser live bang iwan di bali. . . aku tnggu bang ya....

    ReplyDelete
  25. salam oi
    pingin nanya aja gimana caranya download atau ngedapetin lagu-lagu yang lama? aku pingin sekali punya semua lagu bang iwan. kasi tau ya.....

    ReplyDelete
  26. awalnya sya ga tau yang mn iwan fals tpi pman sya ngenalin lagu2na asik euy,ampe skrang jdi ngefans we,bang iwan top bgt welah hidup Oi...

    ReplyDelete
  27. bang iwan emang hebat...kapan kegorontalo lagi bang..

    ReplyDelete
  28. Assalamuakaikum Bang! saya Kendep, saya suka sekali dengar lagu2 abang, apalagi yang Country. tp sekarang kok gak pernah nyani Country lagi? Kalo bisa album sekanjutnya ada lagu Country-nya walaupun cuma satu OK! oh ya bang kasih tips buat lagu bagus dong! Trims

    ReplyDelete
  29. Assalamu'alaikum bang,...!! aku ngefans berat lagu2 bang Iwan sejak tahun 1988, waktu itu aku masih kelas 2 SD, alhamdulillah sejak 1 tahun yang lalu aku dipercaya bawain acara khusus yang muterin lagu2 bang Iwan di Radio RSPD Gema Bungo FM Jambi yaitu "TERMINAL OI",... ingin sekali saya mempunyai jingle radio untuk acara tersebut dengan suara aslinya bang Iwan,... untuk itu saya mohon petunjuk/bantuan dari bang Iwan gimana caranya agar saya bisa dapatkan jingle radio seperti yang saya maksud,...terimakasih,....!! wassalam,....!!

    ReplyDelete
  30. MENELISIK PERJALANAN BATIN



    Prof Drs Alros Yuwono Ba

    ReplyDelete
  31. salam damai mas iwan...pripun pawartose,mugi mugi tansah dipun paringi kinten kinten nikmat saking gusti engkang Agung...amin.Nitip salam aja wat keluarga di rumah ,, KELIK ANAK PETANI

    ReplyDelete
  32. bang iwan ok banget lagunya... apa lagi yang lagu nak, doa pengobral dosa, terminal dan lonte mantap deh keren...... abizzzzzzz

    ReplyDelete
  33. ruLy anggraini19 March, 2010 09:52

    untuk sang pengabdi, orang gila, satu satu, ga bisa diungkapin dg UCAPAN bang Iwan => oi oi

    ReplyDelete
  34. happy...that's all folk => can smile now

    ReplyDelete
  35. Mas Iwan... perkenalkan aku (Gusti), aku kenal Mas Iwan sejak dari album KPJ, Sarjana dan sampai Album terakhir aku punya, tapi sayang ada satu albumku yang hilang; Album "PERJALANAN" bisa gak ya bantu aku untuk dapatin album itu lagi....trimakasih

    ReplyDelete
  36. Salam kenal bang iwan...saya krido penggemar bang iwan sejak saya duduk dibangku smp. saya sangat suka dengan lagu-lagu bang iwan. thanks!

    ReplyDelete
  37. akhirnya aku dapat blognya bang iwan... terus terang , bang iwan banyak memberi inspirasi dalam hidupku. banyak dari lagu bang iwan yang pas banget dgn jalan hidupku. thanks bang iwan... anda tetap musisi yang terbaik ..

    ReplyDelete
  38. wah, ternyata banyak jg fans nya bang iwan yah...

    ReplyDelete
  39. Assalamu'alaikum bang,...!!
    kapan konser di manado lagi..???
    oi manado sudah tidak sabar pngin ketemu lagi sama bang iwan....
    hidup fals mania & oi....

    ReplyDelete
  40. bang gak pernah konser dimojokerto?

    ReplyDelete
  41. untuk yang terhormat Om tanto dan segenap crew'y aku cuma mau tanya gimana cara nya biar bisa jadi anggota OI mania yang resmi ?

    ReplyDelete
  42. bang iwan kapan nih konser lagi di jakarta (Parkir Timur SENAYAN) ....?

    ReplyDelete
  43. salam sejahtera selalu..
    slam oi..
    sya oi pekalongan
    hidup di dunia tdak abadi...
    kdang orang ber fikir hidup didunia akn selamanya
    bayak orang yang tdk tau ada ke hidupan lain yang kekal......

    ReplyDelete
  44. OI OI OI OI...

    Salam OI se indonesia...
    buat bang Iwan moga sukses...


    qu deni ...
    Fals mania Bogor Barat...

    ReplyDelete
  45. sukses terus buat iwan fals!!!

    ReplyDelete
  46. assalamualaikum wr.wb
    TUK BANG IWAN....
    Knapa ya abang sudah jrang manggung terakhir x saja yg saya lihat d.tv one,,yg bang iwan duet rame" dngan:kantata takwa,{almhrum} w.s rendra ...
    pa mungkin itu concert abang terakhir ....?

    jakarta ...

    ReplyDelete
  47. iwan fals bagian hidup gw .. .

    ReplyDelete
  48. assalamualaikum bang, apa khabar? kalau boleh abang kasih arransemen di puisi2ku... hahaha.... maaf bang kepedean yaa.
    wassalam.

    ReplyDelete
  49. salam damai oi s_indonesia...........

    ReplyDelete
  50. bang iwan emang bner2 pahlawan asia dengan lagunya yang mengangkat cerita2 dari semua kalangan...
    salamm bwt fals mania dimana pun berada...

    ReplyDelete
  51. izulllllllll..............30 August, 2010 16:28

    salam oiiii............. bank iwan memang top enyong oi tegal aseli......... bank tanto tetap semangat..............

    ReplyDelete
  52. salam oi oi........ bang iwan emanang is the best........ sampai kapan pun bang iwan tetap numb {1} di hatiku......

    ReplyDelete
  53. salam OI ..
    tetap berikan pijar matahari bang iwan ..

    ReplyDelete
  54. Moh. Ali Pribumi_Babadan29 September, 2010 14:50

    Salam Oi......
    Bang, Terus Ciptain lagu-lagu yang enak di dengar, . . . . . .
    karena menurut saya, ditanah air ini tidak ada musik yang ngeresep dihati, kecuali lagu-lagu di Bang Iwan . . . . . .
    Oi terus jaya . . .
    by: Pribumi_Babadan

    ReplyDelete
  55. Yang terlupakan,Antara aku kau dan bekas pacarmu,jendela kelas satu dan semua lagu ciptaan bank iwan mengantar masa kecilku tuk bergelut dengan gitar dan music,dan bank iwan tau yang kudapat?i love music,.
    makasih bank iwan,.
    dan 1 lagi,q ga kan pernah berhenti berharap tuk bisa ketemu dengan idola sepanjang jaman seperti bank iwan,salam oi dari saya semua penggemar bank iwan,terus berkarya dan semoga bank iwan selalu dalam lindunganNya,amin,.

    Agung
    Serang, Banten

    ReplyDelete
  56. luncurka album-album baru karyamu takan pernah ku lupakan dari lagu jendela kelas satu, buku ini aku pinjam, celoteh burung camar tolol, dan IBU sangat menggoyahkan hati is the best untuk bank Iwan Fals..

    salam
    irwan oi pemalang bersatu

    ReplyDelete
  57. salam kenal,,,, bang iwan.....
    mau tanya nih, rincian album pertama sampe terakhir apa aja? soalnya mau bwt ananlisa skripsi,,, trims,,,,

    ReplyDelete
  58. Assalamu'alaikum....bang Iwan....
    q ngefans bget ma lgu2 ny bang iwan, bagi saya lgu2 bang iwan memberikn bnyk plajaran hdup bwt saya,bsa dkatakan guru nomer dua selain guru2 di sekolah...
    thanx bget bwt bang Iwan,,,sukses slalu...!!!!

    ReplyDelete
  59. assallamualikum...
    bang iwan,saya firman bang fans berat abang_
    bang kpan buat lagu baru lagi ne bang,
    bang saya boleh saran ga bang,klau bza buat lagu tentang penderitaan bangsa ini bang,mengenai masalah bencana yang ga da habis'y bang,..
    saya smpe sedih bang mlihat negara ini...


    wallaikumsallam bang OI...

    ReplyDelete
  60. assalamualaikum.....bang iwan trimakasih sudah mau datang ke banjarbaru kalimantan selatan...
    saya bangga mempunyai musisi seperti bang iwan dinegeri yg compang camping ini, hanya lagu2 bang iwan yang membangkitkan semangat anak muda jaman sekarang.....trimakasih bang......

    ReplyDelete
  61. khabby Oi sidayu bersatu,bung iwan trimakasih atas lagu-lagumu yang sehari-harinya pengantar tidurku....trus ciptakan lagu bernuansa politik. salam Oi pribumi...

    ReplyDelete
  62. asslam mualaikum
    kepada yang terhormat yth bang iwan fals
    bang sya imam margo sya ngefans bngt am bang iwan
    bang iwan sya brharap bisa bertemu penyanyi legendaris sprti bang iwan...
    bang iwan maen dnuk k'sunter bang iwan
    andai sja bang iwan bisa datang k'sunter batapa senang nya hti saya bisa kedatangan penyanyi legendaris...

    bang iwan bila ada kata"yg kurng berkenang d'hati bang iwan sya minta maaf

    E_mail:imam_margo@yahoo.com

    wassalam mualaikum

    ReplyDelete
  63. OI
    salam fals dari gw
    chandra di PONDOK GEDE

    ReplyDelete
  64. bang iwan saya fans berat bang iwan ...,
    saya pengen banget ketemu sama bang iwan ...,
    kelakuan saya sama seperti yang diceritakan oleh bang iwan ...,
    nama saya : muhammad virgiawan .
    saya dipanggil iwan
    saya dikasih nama sama ayah saya karena ayah saya fans berat bang iwan juga .
    HORMAT SAYA PENDUDUK OI
    Orang Indonesia

    ReplyDelete
  65. panggilan anakku"OI" ..... begitu ungkapan kekagumanku buat bang iwan... hormat saya buat abang, moga selalu dalam lindungan NYA... amin.

    ReplyDelete
  66. bang iwan,bikin flm dokumenternya donk....kami anak oi bogor khususnya kawasan pmda bogor, pasti dukung flm'a..........

    ReplyDelete
  67. hidup sy damai mndengar lagu-lagunya bang..
    sy tw arti kehudupan yang sebenarnya..
    terimakasih buat sang mahestro pahlawan asia ku..

    ReplyDelete
  68. emank music gue banget lagu-lagu iwan fals

    ReplyDelete
  69. bang iwan udah mewakili jutaan swara rakyat!!!

    ReplyDelete
  70. salam damai........
    hidup bersama harus dijaga.....

    ReplyDelete
  71. Demi allah! Aku cinta kamu bung!

    ReplyDelete
  72. BANG IWAN ....KAMULAH INSPIRASIKU....NAMA DAN KARYAMU ABADI SELAMANYA!!..SLM Oi.....

    ReplyDelete
  73. bersatu dalam damai serdadoe karawang.
    thank anda telh membri arti bagi kami.

    greeting oi........

    ReplyDelete
  74. bung iwan dirimu lah pendekar rakyat kecil...
    aku pngen presiden indonesia adlah orang sepertimu.....

    ReplyDelete
  75. mudah mudahan....(harapan ku)....bang iwan bikin lagu seperti dulu lagi waktu kau masih SANGAR... walaupun usia mu gak muda lagi...karna apa???? karna masalah bangsa ini tambah EDAAAN.... kau harus tau aku nulis ini sambil dengerin karya mu... doa ku untuk mu smoga di beri umur panjang agar bisa terus memperjuangkan nasib negri ini dengan karya2 mu AMIN..,dan agar oknum pejabat negri ini ketar ketir dengan sgala kritik mu...karna aku tau kau tidak akan gentar apalagi takut demi bangsa ini yg sama2 kita cintai dan kita banggakan...BRAVO bang IWAN FALS......

    ReplyDelete
  76. Ass,wr.Wr
    Bang Iwan tlong NEGARA ini dgn kritik2 pedasmu lagi (ttg teroris,kerusuhan antar agama, olahraga, politik, korupsi)biar indonesia bisa bangkit dan terhindar dari pemimpin2 yg MUNAFIK.....INDONESIA butuh sindiran2 mu...Smoga bang iwan diberi kesehatan...selalu from...erwin seduduk putih

    ReplyDelete
  77. bang kalo ente konser hub'n ane dong bang d'085717099403 ok ane ngfens banget sama abang

    ReplyDelete
  78. terimakasih sebesar-besarnya untuk mas iwan fals atas karya-karyamu yang sangat menginspirasi dan "napuk". beberapa nomor, seperti "pulang kerja" atau "pulanglah" benar-benar fantastis.

    saya mendoakan mas iwan fals agar selalu mendapat inspirasi dan rezeki yang lancar. semoga hidupmu barokah, pejuang modern Indonesia!


    yang terakhir, semoga penikmat tembang-tembang mas iwan, dan saya pribadi, dapat menjadi social change, untuk Indonesia yang lebih baik.

    ReplyDelete
  79. salam Oi...
    aq suka gaya bang iwan fals
    sampai kapan kami tidak akan melupakn Mu
    aq ingin sekali berjabat tangan dengan bang iwan...
    Oi bersatulah....

    ReplyDelete
  80. saya dari BPK purwakarta
    saya ingin mempunyai foto bareng dengan bang iwan tapi sampai sekarang blum terlaksana

    mudah2n itu bisa terjadi

    ReplyDelete
  81. qu ank oi,qu mlai suka sma bank iwan sjak aku masih sd,qu di knlkn sma kakak qu ,qu di beri kaset mp3 amua lgu iwan f.kmarin saat ini esok slmanya qu ttap anak oi.pkalongan.

    ReplyDelete
  82. semuaaaaaa....lirik lagunya bang iwan pas banget ma khidupan sehari hari...gk ad yang meleset sedikitpun....gk terganti dech....love u bang iwan...GBU benkz kobe fals

    ReplyDelete
  83. borak bromocorah24 May, 2011 21:08

    assalamualaikum bang,.,.,.
    emmmm,.,. prtama,., sya ngucap trimakasih atas kerja keras bang tanto yg snantiasa mnghibur semua oi d nusantara,.,
    truz,.,.,
    kpan konser d jwa timur lgi bang ato tnam sribu phon,.,.
    o iya,.,., kmaren pas diklat d lamogan, bang iwan g datang ia,.,.
    ktanya ada job ea bang,., dmna bang???

    ReplyDelete
  84. di tunggu bang karya" terbaru ny...

    ReplyDelete
  85. sampai kapan pun OI akan selalu mendarah daging yg merekat kuat di tulang ku....lanjutkan terus karya mu Bang Iwan...saya akan selalu mendukung mu...

    ReplyDelete
  86. hallo bang iwan...
    saya ganang wicaksono..
    facebook saya ''ganang rambu anarki''
    hahah
    kapan konser ke surabaya lagi ??
    insyallah ak pasti datang..

    salam reformasi

    ReplyDelete
  87. assalam...
    salam Oi
    Bang Iwan... lirik-liriknya keren bgt! Album keseimbangan mantap abiieess... *hutanku, O, jendral tua, malahayati, tanam siram tanam, aku menyayangimu, pohon kehidupan, sepak bola, suhu, ya Allah*
    sukses slalu ya bang....

    ReplyDelete
  88. lam knal..........bang iwan nie kaum fals dry winonk ngmong2 blan puasa nie ngluarin album gax...........

    ReplyDelete
  89. Bang iwan kapan manggung nng Soerabaja maneng...
    wez kangen karo suara'e sampean..

    Salam kenal Buat temen" Oi seIndonesia Raya..

    ReplyDelete
  90. Bang Iwan falsmania

    Lu dibilang gila boleh cz nya saya ngefans banget ma bang iwan, apa lagi ma sentilan-sentilan buat pemerintah kita MANTAP itu,

    Salam kenal juga buat teman OI seIndonesia

    ReplyDelete
  91. walau pun w baru tapi w ngefans BANGET sama BANG IWAN

    ReplyDelete
  92. asalamualaikum..
    salam buat fals mania...

    sumpah w kangen bangat sama bang iwan..

    ohy buat OI SEINDONESIA...
    kita harus bersatu untuk mengibarkan bendera OI setinggi tingginya..

    salam OI...

    ReplyDelete
  93. bang iawan yang sekarang udah ga selantang waktu muda...kprah bang iwan ga lagi saya rasakn di desas desus kota yang panas ini!!!!!mana bang telujukmu yang tajam???mana bang suaramu yang menggelegar????

    ReplyDelete
  94. sbg fans berat iwan fal's,, kami berharap kedatangan bang iwan di kota kami,, kapan ke Pati lagi bang... kami s'mua dah rindu "celoteh-celotehmu",,,, Salam Oi...

    ReplyDelete
  95. assalamu'alaikum...

    saya tari, berumur 23th, tp dari kecil saya sering denger lagu iwan fals,,, krn sepupu saya doyan dg lagu iwan fals,

    saya bukan doyan lg, tp udh tingkat stadium 3 ne doyannya lagu2 nya iwan, tiap hari yg diputar cm lagu iwan, maren bang iwan dtg kepekanbaru, peresmian PON XIII, jujur tu wat pertama x sya melihat bg iwan secara langsung,,, menyedihkan ye,, heheheh,,,

    saya puas,,, krn saya menunggu bg iwan nampil di pekanbaru atau dipadang (wktu kulia), sudah terbilang lama, dr sjak konser amal iwan n slank batal dipekanbaru,,,

    besok2 ne ye,,, kaw tari mpe di pondok iwan jgn di usir ye,,, karna tari betekad sekali seumur hidup ne, tari harus bejumpa langsung dengan bang iwan,,

    tggu kedatangan tari,,, heeheheh,,,
    sukses slalu wat bg iwan, trus berkarya,,, bgtu byk yg mendo'a kan untuk mu agar terus berkarya, dan smoga allah jg menilai ini sbg sebuak amalan yg mulia, krn perhatian mu terhadap ciptaannya,,,

    assalamu'alaikum,,
    by tari,,,fans berat mu

    ReplyDelete
  96. askum
    saya suka semua lagu mas iwan
    fals.gak ada yang gak
    karna semua bisa saya ambil
    hikmahnya terimakasih ya mas
    iwan

    waskum
    nuryanto cah boyolali

    ReplyDelete
  97. bang iwan aku selalu bergertar bila mendengarkan engkau bernyanyi.. semoga kau bisa selalu beryanyi...

    melindungi
    menghargai
    membela yang benar
    menasehati

    I LOVE U POOL bang iwan..

    ReplyDelete
  98. Saya termasuk salah satu penggemar bang iwan.Ada pengalaman pribadi pada diri saya,bahkan sampai saat ini masih berlaku.Saya termasuk orang yang paling gemar tidur,dan termasuk sulitdibangunkan,tetapi setiap denger lagu bang iwan...,yang namanya ngantuknya kaya apapun pasti terbangunkan...he.heee.memang hebat bang Iwan..

    ReplyDelete
  99. assalamualaikum bang iwan,, sudah lama ane pengen liat ni biografi,, tapi baru kesampean sekarang,, ane fans berat sma bang iwan,, dari ane msih dalem perut ane sudah di dengerin lagu bang iwan... skarang ane sudah nikah,, bini ane lagi ngandung anak pertama ane,, nahh ane mau minta ijin sma bang iwan.. rencana ane pengen kasih nama calon anak ane nii yg da "fals"nye bang.. boleh gak..?? kalo boleh minta masukan dari bang iwan calon nama anak ane nii,, di selipin "fals"nye bang... sbelum dan sesudahnye makasih banyak ni bang... kalo bsa kasih masukan kirim ke email ane ya bang -abdoolharriz@ymail.com-

    ReplyDelete
  100. Saya Mhendy Bang Dri Palembang . . . Pokoknya Gak Bisa Komen Panjang2 Tentang Abang . . . Musisi Paling Berpengaruh Di Indonesia, Asia Maupun Global . . . Pokoknya All About Abang Saya Senang . . . Musisi Yang Selalu Akan Ada n Hidup Dalam Perjalan Hidup Kami . . . Dulu Saya Member OI Cakung Bang Waktu Tinggal Dijakarta . . . Pokoknya Amazing For Life Legend . . .

    ReplyDelete
  101. aq ingat akan senandungmu!
    Usiamu tak lagi muda untuk terus terusan terjajah, jangan lagi membungkuk bungkuk agar dunia mengakuimu”.

    ReplyDelete
  102. bang iwan,aq salah satu fans terbrat bang iwan,
    bang aq pengen konser digelora bung karno nanti, bang iwan bawain lagu2 politik,soalnya aku muak dengan politik kita bang,aq pengen pemerintahan kita cepat ambil sikap,,
    jangan cuma ngomong,burung bio pun bisa,,
    makasih bang,nmamu selalu trbenak dalam fikiranku,,

    ReplyDelete
  103. ku oi sejati kan menycintai karya"bang iwan

    ReplyDelete
  104. always in my heart
    bang iwan ....^^

    baru tau aku bang iwan dulu
    personil BABADOTAN..
    :D
    salam satu hati satu jiwa OI
    sedunia...^^
    peace love <<==--|
    +__+
    OI subang..^^

    ReplyDelete
  105. Dia ( Iwan fals) bisa membohongi semua orang di seluruh negeri ini .. Tapi apakah dia membohongi ALLAH .. jika benar dia adalah Hamba yang benar benar ber akhlak terpuji berbudi pekerti luhur ?
    ma'af jangan terlalu mempercayaiku .. meski apa yang aku sampaikan adalah benar sebenar nya benar .. pakailah keyakinan mu ..Hak kamu untuk menilai saya sebagai apapun ( sebagai orang sesat sekalipun jika menurut Anda saya adalah orang sesat .. Aku hanya sekedar penyampai ) .. Bagiku .. CUKUP LAH ALLAH YANG TAHU SIAPA YANG PALING BENAR .. meskipun saya benar sebenar nya benar ( Bagimu agamamu .. bagiku keyakinanku .. Semoga ALLAH mengampuni dosa Anda jika ternyata Andalah yang salah .. maha benar ALLAH yang maha pengasih maha penyayang yang memberi petunjuk dan memberi Rachmat .. Amin.
    :https://www.facebook.com/notes/brahma-kumbara/semua-tentang-brahma-kumbara-alias-satrio-piningit-alias-nabi-khidrh/300091153386274 ..

    ReplyDelete
  106. saya iyan bang..dari sukabumi.Maaf bang tanpa permisi nama abang { VIRGIAWAN }saya pake buat anak saya yang ke dua...karena abang pilosofi hidup saya.makasih bang.SUKSES SLALU BUAT BANG IWAN.

    ReplyDelete
  107. om, nama sy alif dari lombok , kpn om iwan konser ke lombok pengen skali" liat om iwan secara langsung...

    ReplyDelete
  108. Apa kabar saudara diseluruh tanah air ? masih ingatkah warna bendera kita ? tunjukkan pada dunia bahwa sebenarnya kita mampu
    salam dari Oi Denpasar Raya...
    facebook : Andie Ramboe Ramboe
    twiter : andhiora_falsu

    ReplyDelete
  109. SALAM OI CIREBON
    ."darimu itu pasti,rakyat ini sejahtera"

    Bang iwan kpn konser in Cirebon,
    masalahnya gw fans berat Bang Iwan..

    ReplyDelete
  110. Damai Kami Sepanjang Hari..Oi Slalu di Hati..

    ReplyDelete
  111. jd pengn kembli kemasa lalu nih..?

    ReplyDelete
  112. hey bang iwan aku suka banget sama lagumu, ciptain dan publikasikan lgi yaa

    ReplyDelete
  113. oom iwan..
    saya suka lagu ciptaan mu..
    yang mengkritik pancaroba indonesiaa...
    terus lah berkarya...
    kehidupan di indonesia sangat tragiss..
    yang gede perut makin banyakk..
    yang kurus pun bnyak...


    dari ANAK ATJEH..
    :)
    berkibarlah bendera ku...

    ReplyDelete
  114. Salam Oi Bersatu...
    Mohon maaf sebelumnya, ane mo minta ijin share biografi Bang Iwan di blog ane...Somoga sukses selalu

    Hormat Ane,
    Yang pernah terdampar di ujung Aspal Pondok Gede :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam dari kami dari anak anak oi
      salam oi bogor barat
      pasir madang bogor

      Delete
  115. Kalo ada org2 yg suaranya mirip ama bang IF di tayangin dunk....

    ReplyDelete
  116. Kalo ada yg pengen denger lagu2 baru Iwan Fals atau suara yg mirip2 Iwan Fals, silahkan buka youtube ketik lagu baru Iwan Fals...

    ReplyDelete
  117. salam OI.....

    terimakasih sebelumnya..akhirnya dengan membaca situs ini, saya bisa tahu siapa nama lengkap dari mas Iwan Fals..sebelumnya saya hanya tahu dengan nama populer dan nama panggilannya saja.. hehehe....


    bisa nggak situs ini saya share di blog saya?

    thank's.....

    ReplyDelete
  118. kpan ke KAL SEL bang???
    pengen banget nnton live konsernya bang iwan

    OI..

    ReplyDelete
  119. Salam Oi...!!!
    Bersatu
    Berjuang
    Berkarya
    Berdaya

    Salam Hangat Dari Keluarga Kecil Dan Sederhana FALMAMIC CILEUNGSI - KOMUNITAS FALZ MANIA CILEUNGSI Oi. #DKSH #DKDN #DKSH #DKDN #FalmamicCileungsi #BersatulaiOi #CileungsiOiFals

    ReplyDelete
  120. Min Ijin Copas Ya Nanti Ane Tulis Sumbernya
    Heheheeeee
    Salam Oi...!!!
    #DKSH #DKDN

    ReplyDelete
  121. salut buat blognya, komplit bener.....
    salam buat oi semuanya,
    saya rasa dan tentunya teman-teman semua setuju...
    kalo bang iwan adalah salah satu tokoh pemersatu bangsa...
    terus berkarya bang iwan, salam hormat dari lereng gunung lawu...

    ReplyDelete
  122. usul coba disertakan ada tambahan kegiatan dalam bentuk video atau foto. link video bang iwan ketika di kick andy atau di just alvin, biar tambah komplit. pokoknya saya dukung terus...
    saatnya indonesia bersatu...

    ReplyDelete
  123. mau tanya dong mas admin . om iwan dulu di ikj ambil jurusan apa , kalo mbak yos kan di ikj ambil jurusan seni rupa , kalo om iwan ambil jurusan apa ?

    ReplyDelete
  124. Bang Saya Dari Oi Bongkar Bekasi
    Sayang Sangat Mengidolakan Bang Iwan
    Berawal Mengenal Bang Iwan Dari Lagu Yang Berjudul
    ''Bongkar'' sejak Smp
    Saya mulai Mencari Lagu Lagu bang Iwan Saat itu
    Ternyata lagu lagu mu yang ku dengar memberi contoh
    dan menjadi inspirasi orang untuk kehidupan
    engkau lah inspirasiku
    dan Inspirasi banyak orang Yang Mengagumimu...

    (Bongkar Kebiasaan Lama)

    ReplyDelete
  125. OI selalu ada d'hati qhu. . .

    I LOVE OI INDONESIA

    Salam OI Mania Seluruh Indonesia

    ReplyDelete

IWANFALSMANIA.COM -> 100% Iwan Fals. Ini bukan situs official.
Komentar di iwanfalsmania.com dimoderasi, harap maklum. Asal bukan spam dan keluarganya, pasti komen Anda kita tayangkan :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...